134 Smart Meter Terpasang di PLN Cengkareng

Author : Franki Dibuat : Nov 26, 2018

134 Smart Meter Terpasang di PLN Cengkareng
Listrik Indonesia | STT PLN bersama Tide Co. Ltd didampingi pihak PLN (Persero) Area Cengkareng Distribusi Jakarta Raya, mempresentasikan hasil ujicoba (Advance Matering Infrastructure) atau smart meter di  PLN Area Cengkareng. Paparan tersebut disampaikan di Ruang Sediyatmo, STT PLN, Kosambi, Jakarta.

Menurut Ketua STT PLN, Supriyadi Legiono dalam sambutannya, pada tahap pertama tersebut sudah terpasang 134  smart meter AMI System di PLN Area Cengkareng yang sudah mampu me-record data yang dibutuhkan. Tingkat keberhasilan dalam proses ujicoba tersebut mencapai 99.6%. Secara keseluruhan nantinya di PLN Area Cengkareng akan dipasang 308 smart meter.  

Uji coba AMISystem dimulai sejak 17 Juli 2018 sejak peralatan AMI System tersebut diterima DTT PLN. Jangka waktu ujicoba sitem smart meter itu  berlangsung selama 120 hari dimulai sejak 17 Juli 2018.

Menurut Head Warsono, Kepala Divisi  Engineering & Perencanaan Pengadaan PT PLN (Persero), PLN memang tengah melakukan kajian dan ujicoba untuk penerapan AMI System untuk implementasi smart meter.

 “Kita sedang menyusun roadmap untuk implementasinya.Hasil ujicoba fungsi AMI System ini sudah memenuhi aspek kebutuhan dasar dari fungsi AMI itu. Ini ontoh yang bagus. Apalagi dengan ini akan memastikan bahwa pendapatan memang benar sesuai di catat meternya. Mungkin nanti bisa dikembangkan lebih lanjut untuk fungsi GIS  (geographical information system),” tegas Warsono.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Didit Waskito, Kepala Seksi Kelaikan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan mewakili Dirjen Ketenagalistrikan; Shin Gi Jeong, VP of Procurement Departement KEPCO Korea; serta Cho Kyung Chong, CEO of Tide Co Ltd.

Selepas paparan, para peserta dan panelis meninjau lokasi pemasangan AMI System di STT PLN dan sebagian pelanggan PLN Area Cengkareng. (AB)

Tags : News
Terakhir disunting : Nov 27, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top