162 KK di Selayar Besar Teraliri Listrik

Author : Franki Dibuat : Jul 23, 2019

162 KK di Selayar Besar Teraliri Listrik
Listrik Indonesia | Sebanyak 162 Kepala Keluarga (KK) di Desa Seraya Maranu, Pulau Seraya Besar, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kini bisa mengakses listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal berkapasitas 190 kilo Watt peak (kWp).
 
PLTS Desa Seraya Maranu merupakan PLTS yang diinisiasi PT. PLN (Persero). Selain desa tersebut, PLTS juga akan hadir di sejumlah Desa lainnya yaitu Desa Papagarang (Pulau Papagarang), Desa Pasir putih (Pulu Messa) dan untuk Kecamatan Boleng, Desa Batu Tiga (Pulau Boleng), yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan

"Semoga makin banyak desa yang dapat menikmati listrik ke depannya. Tak hanya meningkatkan elektrifikasi, namun hadirnya PLTS ini akan memberikan multiplier effect yang diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat", ungkap Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM di Jakarta (22/7).

Sebelum hadirnya PLTS Komunal di Desa Seraya Maranu, menurut pihak Kementerian ESDM, masyarakat mendapatkan akses listrik melalui genset masing-masing. Mereka harus membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) sebanyak 50 liter per bulan atau menghabiskan sekitar Rp 322.500 untuk pemakaian mulai dari pukul 18.00 sampai pukul 22.00 WITA. Sejak menggunakan PLTS warga hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000 per bulan dengan listrik yang dapat menyala selama 24 jam.  (AB)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top