ABB Bangun Pabrik Switchgear Voltase Tinggi, Perluas Infrastruktur di Indonesia

Author : Franki Dibuat : Nov 29, 2017

ABB Bangun Pabrik Switchgear Voltase Tinggi, Perluas Infrastruktur di Indonesia
Listrik Indonesia | Untuk membantu perkuat infrastruktur listrik, akhir Oktober lalu ABB meresmikan fasilitas pabrik terbarunya untuk produksi switchgear bervoltase tinggi di Tangerang, Indonesia. Pabrik ini merupakan bagian dari komitmen ABB untuk terus melakukan ekspansi infrastruktur mereka di Indonesia, menyusul pembangunan pabrik produk listrik bervoltase menengah di lokasi yang sama pada 2015. Hal ini terungkap dari siaran pers yang diterima dari County Communication ABB di Jakarta (29/11).

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di kawasan Asia. Tingkat pertumbuhan Growth Domestic Product (GDP) tahunan Indonesia tercatat berada di kisaran angka rata-rata 5,3 persen di periode 2000 hingga 2017. Dengan angka pertumbuhan ini, angka kebutuhan akan pasokan listrik juga ikut naik. Menurut PLN, kebutuhan listrik diproyeksikan tumbuh sekitar 8,5 persen per tahun antara tahun 2015 hingga 2025. Mengantisipasi kebutuhan yang tinggi ini, pemerintah sendiri juga tengah mencanangkan program penambahan kapasitas pembangkit listrik hingga 35.000 megawatt (MW) sepanjang 2015-2019.

“Pembangunan pabrik baru ini menegaskan komitmen ABB kepada Indonesia sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memperkuat infrastruktur transmisi listrik, meningkatkan keandalan jaringan listrik,  serta memenuhi kebutuhan pasokan listrik yang terus meningkat bagi jutaan konsumen di Indonesia,” tutur Giandomenico Rivetti, Head of High Voltage Products, bagian dari divisi Power Grids ABB.

“Pembangunan ini juga merupakan bagian dari strategi ABB global yang kami canangkan, serta merupakan wujud dari filosofi kami bahwa pembangunan unit produksi, seperti pabrik, hendaknya dilakukan di lokasi yang dekat dengan konsumen kami.”

Pabrik dengan luas sekitar 1.300 meter persegi ini akan memproduksi switchgear bervoltase tinggi serta perangkat lainnya, seperti Live Tank Circuit Breakers dan Disconnectors. Dengan lebih dari sejuta instalasi di seluruh dunia, produk-produk tersebut telah membuktikan kualitasnya yang unggul. Pada sistem kelistrikan, switchgear mengontrol sekaligus melindungi jaringan dari potensi kegagalan sistem yang diakibatkan oleh beragam kendala, seperti sambaran petir ataupun arus pendek dari berbagai kasus yang berpotensi menyebabkan terjadinya kegagalan pada jaringan. Pabrik baru juga akan menerapkan konsep-konsep produksi yang lebih efisien dan akan dilengkapi dengan perangkat produksi dan pengujian canggih untuk memastikan proses perakitan dan pengujian berpresisi tinggi dengan standar kualitas yang terbaik.

Selama ini, ABB sendiri telah berkontribusi selama empat dekade dalam mendukung pembangunan infrastruktur listrik di Indonesia, termasuk instalasi-instalasi berbagai solusi kelistrikan maupun otomatisasi bagi industriindustri, seperti minyak dan gas, pulp dan kertas, serta aluminium.

ABB menawarkan serangkaian produk-produk Alternating Current (AC) hingga 1200 kilovolts dan  Direct Current (DC) hingga 1100 kilovolts bervoltase tinggi secara komprehensif, yang mendukung konsumen dalam memperkuat keamanan, tingkat keandalan, serta efisiensi jaringan listrik, dengan mengurangi dampak buruk pada lingkungan. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top