Adopsi SDGs, Kunci Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Dec 13, 2019

Adopsi SDGs, Kunci Pertumbuhan Bisnis di Indonesia
Listrik Indonesia | Sejak Pemerintah berfokus pada komitmen pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs), perusahaan di Indonesia juga memanfaatkan SDGs untuk mengurangi potensi konflik di wilayah operasi mereka, sembari membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar.

SDGs tidak hanya menjadi sistem manajemen risiko dan reputasi, juga mengatasi kesenjangan dalam pembangunan, sekaligus menghadirkan peluang mengembangkan pasar.
 
Hal ini terungkap dalam konferensi bertema 'Bagaimana Sustainability Development Goals (SDGs) PBB Dapat Membantu Bisnis di Indonesia Bertumbuh' yang  diselenggarakan PT Grundfos Pompa berkolaborasi dengan RIG Manajemen Risiko di Bina Nusantara (BINUS) University, Jakarta.

Kinerja Indonesia pada dua fokus SDGs – Menangani Perubahan Iklim dan Penanganan Bencana serta Pembiayaan Pembangunan Inovatif telah bergerak ke arah yang benar. Menurut SDG Business Hub, Pembangunan Rendah Karbon telah menjadi keharusan dalam agenda perencanaan pembangunan nasional dan selama 2010-2017, emisi gas rumah kaca (Green House Gases – GHG) telah berkurang sebesar 22,5% dari akumulasi awal sebesar 13 miliar ton CO2e, dan intensitasnya pun berkurang 27% dari baseline 560-ton CO2e per miliar rupiah. 

Selain itu, selama 2010-2017, peningkatan manajemen bencana telah mengurangi kerugian ekonomi langsung sebesar IDR 7 triliun dan Indeks Risiko Bencana telah berkurang sebesar 23,97% (2018). 

Forum ini dihadiri antara lain Giancarlo Roggiolani, General Manager Grundfos Indonesia & Filipina, Amalia Adininggar Widyasanti ST, Msi, M.Eng., PhD, Penasihat Senior untuk Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Ekonomi & Pembiayaan, Kepala Sekretariat Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan Zulfira Warta, Climate & Energy Manager, World Wide Fund (WWF). Hadir pula Rasmus A. Kristensen, Duta Besar Denmark untuk Indonesia dan berbicara mengenai praktik SDG terbaik di Denmark.  

PT Grundfos Pompa, perusahaan teknologi pompa dan air global, menjadi  pendukung yang selaras dengan SDGs. Grundfos telah berkontribusi di Indonesia seperti mempromosikan konservasi energi melalui penggunaan pompa hemat energi, solusi mitigasi banjir dan menyediakan akses ke air bersih bagi masyarakat. PT Grundfos Pompa juga telah menciptakan model keuangan ‘bayar-sesuai-penggunaan’ untuk mendorong pengadopsian pompa hemat energi.  
 
Dalam forum ini Giancarlo Roggiolani mengatakan, “PT Grundfos Pompa telah membantu pelanggan memenuhi kebutuhan mereka dalam efisiensi energi dan konservasi air melalui solusi teknologi pompa dan air. Kami dapat membuktikan bahwa penggunaan pompa hemat energi dapat membuat banyak bisnis untuk berhemat."  (AM/Fr)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top