Akhirnya Pemerintah Tetapkan Harga Batu Bara

Author : Franki Dibuat : Mar 12, 2018

Akhirnya Pemerintah Tetapkan Harga Batu Bara
Listrik Indonesia | Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), akhirnya telah menetapkan harga batubara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) US$70 per ton dengan nilai kalori 6.322 GAR.

Hal ini tertuang pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018, terkait harga batubara untuk penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum. Pemerintah menetapkan bahwa harga jual batubara untuk PLTU dalam negeri adalah sebesar US$70 per ton untuk nilai kalori 6.322 GAR atau menggunakan Harga Batubara Acuan (HBA) apabila HBA berada di bawah US$70 per ton. Untuk harga batubara dengan nilai kalori lainnya, dikonversi terhadap harga batu bara pada nilai kalori 6.322 GAR tersebut berdasarkan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku.

Penetapa harga batu bara ini demi melindungi daya beli masyarakat, tarif listrik yang tetap terjaga, industri pun semakin kompetitif. Untuk diketahui, sekitar 57% pembangkit PLN menggunakan batubara sebagai sumber energinya, dengan harga HBA yang saat ini mencapai US$101,86 per ton," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Agung Pribadi dalam konferensi pers, Jumat (9/3).

Di lain pihak, Hendra Sinadia, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) mengatakan, pihaknya belum bisa mengeluarkan pernyataan apapun terhadap penetapan harga batu bara, baginya hal ini perlu dipelajari dan dirapatkan di kalangan internalnya.

“Ya kami akan patuh terhadap pemerintah, tapi kami masih perlu berunding lagi dan pelajari lagi. Sejauh ini kami belum berani mengeluarkan statement, mungkin usai rapat internal hasilnya kita beri tahu ke media,” katanya kepada Listrik Indonesia saat mengunjungi kantor APBI. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top