Anniversary Ke-15 PLN Pusertif Semakin Mantap Berperan di Sektor Kelistristrikan

Author : Franki Dibuat : Dec 12, 2018

Anniversary Ke-15 PLN Pusertif Semakin Mantap Berperan di Sektor Kelistristrikan
(Foto: R Akmal/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia | Di hari jadinya yang ke 15, PLN Pusat Sertifikasi semakin memantapkan perannya di sektor ketenagalistrikan. Menentukan kelayakan operasional kelistrikan melalui sertifikasi, dengan begitu keandalan listrik untuk masyarakat tetap terjaga. Jakarta, Rabu (12/12).

Akses listrik yang diberikan kepada masyarakat ini tentunya harus mengacu pada Undang-Undang Ketenagalistrikan No. 30 tahun 2009 pasal 44 ayat (4) yang berbunyi, setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki Sertifikat Laik Operasi. Karena itu, peran PLN Pusertif di sini sangatlah strategis, bagi semua unit peminta jasa/para klien yang menggunakan jasa PLN Pusertif sebagai salah satu Lembaga Inspeksi Teknik yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan sehingga berhak untuk menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Dalam acara Anniversary yang ke-15 dilaksanakan di Aula PLN Pusertif, PLN Pusertif menghadirkan pameran dan juga bazaar. Juga turut mengundang berbagai pihak seperti Eddie Widiono Ketua Umum Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI), Doddy Pangaribuan EVP RKO, Fahmy L. Amruzy EVP SCM. Juga mengadakan focus group discussion (FGD) dengan mengangkat tema Penyediaan Kelistrikan Teknologi Masa Depan dan EBT Era Digital, FGD pertama ini  diisi oleh Prof. Tumiran, Anggota DEN, E. Haryadi GM Puslitbang dan Diah Karima Kepala Kampus PJB selaku moderator. FGD kedua, dengan tema Aset Management Keandalan O&M dan Strategy Niaga PLN, di isi Warsono EVP Enjinering, Yuddy Wicaksono EVP Niaga, dan Zainal VP RKO sebagai moderator. Selain itu, ada sesi melakukan kunjungan ke laboratorium uji.

Heru Sriwidodo, GM PLN Pusertif menyampaikan, Anniversary ke 15 ini kita mengangkat tema Memantapkan Peran PLN Pusat Sertifikasi. Artinya, dengan memberikan fasilitas pengujian yang lengkap dan meningkatkan kontribusi untuk korporat dan kelistrikan Indonesia, PLN Pusertif semakin memantapkan perannya di industri ini.

Selain melakukan pengujian di sektor ketenagalistrikan, PLN Pusertif juga merambah ke penguian lainnya. Baru-baru ini PLN Pusertif berhasil menguji radar penangkal petir untuk pesawat N 219, juga menguji teknologi yang akan digunakan untuk energi terbarukan.

“Kita ingin men-support teknologi kelistrikan baik teknologi konvensional maupun teknologi untuk energi terbarukan. Untuk inilah kami sangat serius meningkatkan kontribusi kepada Tanah Air,” jelasnya. (GC)

Tags : News
Terakhir disunting : Dec 13, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top