Annual ASIAN SBC USERS GROUP CONFERENCE & EXHIBITION 2018 Resmi Dirilis

Author : Franki Dibuat : Jul 25, 2018

Annual ASIAN SBC USERS GROUP CONFERENCE & EXHIBITION 2018 Resmi Dirilis
Listrik Indonesia - Surabaya | Sekretaris Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Agus Tribusono bersama dengan Direktur Pengadaan Strategis PT PLN Supangkat Iwan Santoso, Dirut PT PJB Iwan Agung Firstantara, dan Randy Rahm, Executive Director PRB Coal Users Group, resmi membuka perhelatan 7th Annual ASIAN USERS GROUP CONFRENCE & EXHIBITION 2018 di Sangri-La Hotel, Surabaya (25/7).

Dalam sambutannya Randy menjelaskan, even ini  digagas oleh PRB ( Powder Rever Basin) Coal Users Group yang merupakan even tahunan para pemilik tambang batubara dan power plant yang sangat peduli dengan keselamatan dan kesehatan pekerja yang berkecimpung di lokasi ke dua tempat tersebut.

Ditunjuknya Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjadi tuan rumah acara ini berawal dari undangan dari PRB Coal Users Group. Pasca menghadiri undangan tersebut, PJB mengusulkan agar pelaksanaan conference tahun ini bisa dilaksanakan di Indonesia karena banyaknya pertambangan batu bara dan PLTU.

Sementara itu, Direktur Pengadaan Strategis PT PLN Supangkat Iwan Santoso mengungkapkan apresiasinya atas acara confrence ini yang akan banyak memberikan kontribusi positif bagi pengelolaan dan keamanan dalam operasional pembangkit dan tambang batubara.

"Manfaatkanlah event Asian SBC Users Group Conference ini untuk sharing knowledge, teknologi dan safety untuk operasional pembangkit," ungkap Iwan Supangkat.

Sesditjen Dirjen Ketengalistrikan Agus Tribusono yang tampil sebagai keynote spech menjelaskan, kebutuhan batubara untuk pengoperasian pembangkit yang dikelola PLN dan anak perusahaannya sangat besar jumlahnya mencapai hampur 100 juta ton per tahun.

Teknologi tentunya sangat dibutuhkan untuk mengolah batu bara dengan kalori rendah agar bisa digunakan untuk pengoperasian pembangkit.

"Kebutuhan batubara PLN tentunya tidak harus disuplay hanya dari yang high rank atau medium rank. Dengan teknologi batubara low rank tentunya dapat dimanfaatkan juga dengan membangun PLTU Mulut Tambang," jelas Agus Tribusono.

Di tempat yang sama Pimpinan Redaksi Listrik Indonesia, Bahar Yahya, pelaksanaan even seperti ini di negara lain biasanya hanya menggelar conference. Untuk di Indonesia dibuat sedikit lebih berbeda, di mana selain conference juga diselenggarakan exhibition.

“Conference akan ada 25 sesi dengan mengangkat tema Keeping Lower CV Coal Plant safe, Reliable & Efficient, Boiler & Combustion, Coal Handling, Safety & Health/Fire. Ini semua merupakan sharing knowledge bagi para peserta yang rata-rata merupakan pemilik tambang dan pengelola power plant,” pungkas Bahar Yahya.

Sebagai informasi 7th Annual ASIAN USERS GROUP CONFERENCE & EXHIBITION 2018 dimotori oleh PRB Coal Users Group,PT PLN dan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB). Sementara itu pihak lain yang terlibat sebagai Founding Members adalah KOEN (Korea Energy), CLP China , EGCO Group, HK Electric Hongkong, Taiwan Power Company, dan Tenaga Nasional Berhad, Malaysia.

Even ini akan digelar di Shangri-La Hotel Surabaya, 25 -26 Juli. Sebagai apresiasi, pada 27 Juli para peserta conference akan mengikuti Paiton CFPP Tour. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top