Antisipasi Banjir, Ini Yang Dilakukan PLN

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Feb 26, 2020

Antisipasi Banjir, Ini Yang Dilakukan PLN

Listrik Indonesia | Banjir yang melanda Jakarta, sebagian Jawa Barat dan Banten pada Selasa, (25-Februari-2020) telah merendam ratusan gardu listrik. Alhasil, beberapa gardu listrik dipadamkan oleh PLN.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyebut, pihaknya memadamkan 2.229 gardu distribusi akibat banjir di Jakarta dan sekitarnya, sejak semalam. Dia menegaskan bahwa tidak ada gardu yang rusak.

PLN Siap membantu warga yang terdampak banjir, memadamkan gardu distribusi memastikan agar warga aman dari sengatan listrik. PLN terus memonitor di lapangan, apabila telah berkurang genangannya segera dihidupkan kembali listrik di wilayah tersebut,” jelas Zulkifli di Kantor PLN Disjaya. Selasa, (25/2).

Dia juga telah memerintahkan kepada General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) M. Ikhsan Asa'ad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Agung Nugraha, dan General Manager PLN Unit UID Banten Doddy Pangaribuan yang turut hadir meninjau titik banjir pada harri itu.

Ia menjelaskan bahwa gardu-gardu distribusi PLN dibangun dengan memperhatikan lokasi sekitar. Artinya, gardu tersebut memiliki lahan dasar yang lebih tinggi dibandingkan area sekitarnya. Kendati begitu, dia tak memungkiri adanya penurunan konsumsi listrik akibat pemadaman gardu. PLN juga punya sejumlah langkah penghematan dengan cara mengurangi penggunaan pembangkit tertentu.

"Tapi sekali lagi itu kami sampaikan ini bisnis kami, kami akan berusaha secepat mungkin untuk menyalakan listrik," tandasnya.

Sementara itu, GM PLN Disjaya M. Ikhsan Asa'ad segera menurunkan tim agar terus berpatroli di seluruh wilayah terdampak di Jakarta. “Apabila sudah aman dari genangan segera kita aktifkan,” ucapnya.

GM PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha menambahkan, di Jawa Barat terdapat 1011ardu distribusi  yang dipadamkan, saat ini tinggal 740 yang akan diaktifkan.

“Untuk Jabar wilayah Bekasi, Karawang, dan Purwakarta yang cukup banyak titik tergenang banjir. Kami juga menyiapkan genset untuk kebutuhan medis seperti rumah sakit,” tutupnya.

Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama PLN, beserta GM PLN dari tiga wilayah dan rombongan memantau langsung ke lokasi banjir dan mengecek sistem kelitrikan setempat. (CR)

 


Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top