APLSI: Tegakkan Hukum di Sektor Ketenagalistrikan

Author : Franki Dibuat : Jul 17, 2018

APLSI: Tegakkan Hukum di Sektor Ketenagalistrikan
Listrik Indonesia | Ketua Umum Asosiasi Pembangkit Listrik Swasta (APLSI) Arthur Simatupang mendukung penuh atas penegakan hukum yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap proyek-proyek ketenagalistrikan.

"APLSI mendukung sepenuhnya penegakan hukum oleh KPK di sektor ketenagalistrikan baik dugaan pelanggaran atau praktik-praktik tidak wajar," kata Arthur melalui keterangan tertulisnya yang diterima listrikindonesia.com, Jakarta (17/07).

Sejak awal, dikatakan olehnya, APLSI sudah memberi masukan dan kritikan akan berbagai regulasi yang berpotensi memberi celah bagi pihak-pihak tertentu untuk menjalankan praktik tercela tersebut, namun tidak dilakukan perbaikan oleh pihak regulator.

"Penindakan KPK ini kami harapkan menjadi momentum perbaikan regulasi diketenagalistrikan saat ini. Sebab regulasi-regulasi ketenagalistrikan saat ini sangat mempersulit IPP (Independent power producer)," tambahnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, regulasi saat ini tidak menciptakan iklim persaingan industri dan usaha yang sehat. Maka dari itu, kesulitan-kesulitan itu membuka peluang bagi operator ketenagalistrikan dan IPP untuk melakukan pendekatan-pendekatan yang melanggar etika dan norma-norma praktik bisnis yang sehat.

"Kami juga mendorong pengusutan atas kebijakan pengadaan mobile power plant (MPP) atau Kapal Listrik Turki (Marine Vessel Power Plant /MVPP), sebab kebijakan ini tidak sesuai dengan arah kebijakan listrik nasional dan menimbulkan pemborosan besar-besaran," tandasnya. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top