Awal 2019, PLTS Atap Residensial Naik 50%

Author : Franki Dibuat : Jul 9, 2019

Awal 2019, PLTS Atap Residensial Naik 50%
Listrik Indonesia | Awal 2019 ini penggunaan PLTS Atap untuk residensial mengalami kenaikan sekitar 50% di Indonesia. Demikian dikatakan Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Andhika Prastawa.

Menurut Andika, kenaikan terbesar penggunaan PLTS Atap untuk rumah tangga terjadi di Jakarta. “Sejak awal 2019 lalu dalam satu tahun ada peningkatan 50%, yang terbanyak di Jakarta dari 400 RT menjadi 600  RT. Belum signifikan, masih sedikit, dan kita terus mendorong agar masyarakat semakin banyak  menggunakan surya atap,” tutur Andhika.

Dia mengatakan, AESI sekarang akan terus mendorong agar  bukan rumah tangga saja yang memasang PLTS Atap tetapi juga mal dan gedung agar memanfaatkan energi surya atap. Hal tersebut karena regulasinya sudah jelas.

“Kita belum memanfaatkan secara maksimal. Di Eropa itu, dalam angka hanya 900 kilo Watt jam per kilo watt peak, per tahun. Di Jakarta, potensinya ada sekitar 1.300 (kilo watt jam per kilo watt peak, per tahun). Hampir dua kali lipat pemanfaatannya. Tetapi pemakaian kita yang tercatat hanya 90 MW, sedangkan di Eropa ukurannya sudah ribuan MW. Oleh karenanya kami dari asosiasi terus mendorong pemanfaatan PLTS Atap khususnya dari sektor komersil, karena peraturan pemerintahnya juga sudah ada. Sehingga  lebih banyak lagi yang menggunakan energi surya agar ada penghematan biaya energinya dalam jangka panjang,” tegas Andhika. (AB)

Tags : News
Terakhir disunting : Jul 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top