AWS IPI 50, Solusi Olah Limbah di Lahan Sempit

Author : Franki Dibuat : Jul 18, 2018

AWS IPI 50, Solusi Olah Limbah di Lahan Sempit
Listrik Indonesia | AWS IPI 50 merupakan mesin pengolah limbah sampah yang dapat menghasilkan energi lanjutan berupa panas dan didesain berdimensi cukup kecil untuk dioperasikan di tempat dengan lahan yang minim.

“Konsep AWS IPI 50 adalah mesin pengolahan limbah menjadi energi panas yang mampu diterapkan di wilayah-wilayah berlahan minim. Dari berbagai jenis sampah dan pengisian bahan bakar yang hanya cukup sekali dilakukan di awal pembakaran, mesin ini akan mengeluarkan air panas yang dapat dimanfaatkan kembali,” ujar CEO Indopower International, Harun Al Rosyid.

AWS IPI 50 terbaru yang telah melewati berbagai pembaruan sejak belasan tahun lalu ini mampu mengolah 1 ton limbah setiap jamnya dengan nonstop dan mengeluarkan energi panas. Mesin ini berdimensi cukup kecil yakni 4m x 3m dengan berat 4 ton. Tentunya, mesin ini sangat cocok dioperasikan di lahan sempit.

Sementara itu, mesin ini juga memiliki tipe lainnya dengan kapasitas lebih akbar, yaitu AWS IPI 200 yang mampu mengolah 4 ton limbah setiap jamnya dengan nonstop. Tipe ini tentunya berukuran lebih besar dengan dimensi 5m x 5m dan berat 12 ton.

Harun mengaku, ide pengembangan mesin ini berasal dari besarnya permasalahan sampah di Indonesia, khususnya Jakarta. Dengan alat pengolahan sampah ini, ia berharap krisis sampah di Indonesia dapat berkurang.

“Sebagai contoh dalam permasalahan sampah di Jakarta yang menyumbang 7 ribu ton sampah setiap harinya, penggunaan mesin ini di tempat pembuangan sementara dengan jumlah tertentu dapat mengurangi jumlah pengiriman sampah yang cukup berpengaruh,” jelas Harun.

“Ditaksir dengan alat ini, jumlah pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir akan berkurang sebanyak 10%,” tambah Harun.

Selain itu, produk terbaru dari Indopower International (IPI) ini diklaim sebagai yang termurah dan terlayak dari segi investasi maupun operasional.

“Dibandingkan mengeluarkan biaya sekitar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu untuk pengangkutan sampah ke pembuangan akhir, lebih baik diolah sendiri di pembuangan sementara. AWS IPI 50 hadir dengan harga yang murah dan dalam 5 tahun operasional pengolahan diharapkan modal sudah bisa kembali.” ujar Harun.

Berniatkan membantu mengurangi permasalahan sampah di masyarakat, AWS IPI 50 & 200 juga tersedia untuk pemesanan dengan sistem rental. Selain itu, IPI juga menyiapkan sistem cicilan dengan bank demi memudahkan pemesanan mesin unik ini. (MT)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top