Ayo Terus Berhemat Listrik

Author : Franki Dibuat : Dec 24, 2016

Ayo Terus Berhemat Listrik
Listrik Indonesia | Jika Anda masih menggunakan meteran listrik model lama, pernahkah mengalami tagihan listrik yang tidak wajar? Atau bagi Anda yang sudah menggunakan pulsa listrik token, pulsa cepat habis lebih dari perkiraan Anda?
 
Jika Anda pernah mengalaminya, coba cek peralatan-peralatan elektronik yang Anda gunakan. Apakah pemakaiannya sudah sewajarnya, atau ada kondisi lain yang menyebabkan listrik di rumah boros.
 
Kesalahannya belum tentu pada meteran listrik, melainkan pada penggunaan listrik yang salah. Agar tagihan listrik tidak terlalu memberatkan Anda, sebaiknya perhatikan kebiasaan penggunaan listrik yang Anda lakukan.
 
Menyalakan pemanas air atau dispenser 24 jam. Jika penggunaan dispenser dengan konsumsi daya 300 watt- 500 watt selama 24 jam nonstop, hal itu sangat menyedot energi listrik. Kebiasaan itu juga membuat dispenser lebih cepat rusak. Sebaiknya, selalu matikan dispenser setelah digunakan. Jika ingin lebih praktis, gunakan timer digital. Anda pun bisa sesuka hati mengatur kapan dispenser menyala atau mati.
 
Menggunakan pompa air tanpa tendon atau toren air. Untuk Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, air bersih dan stabil mustahil diperoleh tanpa memiliki pompa air. Oleh sebab itu, sumber air yang terbatas dan pengguna yang banyak seringkali menjadi masalah. pompa air bisa menjadi solusi untuk Anda, akan tetapi alat ini membutuhkan daya listrik yang besar.
 
Pompa air, pada tarikan awal akan memakai daya dua kali lipat dari daya yang tertera pada spesifikasi pompa. Contohnya, jika Anda menggunakan pompa berdaya 100 watt, pada saat start akan menyedot daya hingga 200 watt.
 
Listrik akan makin terkuras apabila Anda punya kebiasaan menggunakan keran seperti membuka keran kecil dan di rumah punya banyak penghuni. Agar konsumsi listrik semakin hemat, disarankan untuk menggunakan tandon/toren penyimpan air. Sehingga, setiap penggunaan air tidak menghidupkan pompa, kecuali saat air di toren kurang dari batas yang kita tentukan. 
 
Selain hemat listrik, keuntungan menggunakan tandon adalah memperpanjang masa pakai pompa karena tidak sering hidup dan mati.
 
Tidak mencabut charger handphone (HP). Menurut penelitian PLN, charger HP yang tidak dicabut dari colokan setelah selesai digunakan tetap mengkonsumsi daya sebesar 1 watt setiap harinya. Kebiasaan ini merupakan pemborosan listrik yang tidak disadari banyak orang.
 
Menyalakan dan mematikan pendingin ruangan (AC). Kebiasaan buruk ini juga penyumbang pemborosan konsumsi listrik. Mungkin maksud sebagian orang yang sering melakukannya adalah untuk berhemat. Padahal, konsumsi listrik paling tinggi justru terjadi saat mesin dinyalakan pertama kali. Lama-kelamaan, konsumsi listriknya makin mengecil seiring dinginnya ruangan.
 
Matikan penanak nasi (rice cooker) setelah dipakai. Kebiasaan banyak orang ialah dengan menghangatkan nasi ketika untuk makan bersama, nyatanya hal ini membuat konsumsi listrik di rumah menjadi sangat boros. Untuk itu ketika memasak nasi dengan alat ini, sesuaikan takaran dan keperluan konsumsi saja. (RG)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top