Azim Premji, Pebisnis Muslim Terkaya di India

Author : Franki Dibuat : Jan 8, 2017

Azim Premji, Pebisnis Muslim Terkaya di India

Listrik Indonesia | Pengusaha ini bisa dikatakan muslim terkaya di dunia. Dia masuk dalam jajaran lima puluh besar orang terkaya dunia dengan kekayaan US$17 miliar. Apa saja bidang usahanya?

Azim Premji memang istimewa. Karena menjadi orang kaya raya di sebuah negara mayoritas adalah hal yang biasa-biasa saja. Yang tidak wajar adalah ketika seseorang tersebut sukses dan menjadi kaya raya di sebuah negara minoritas.

Itulah yang terjadi pada Azim Premji. Dia sukses menjadi muslim paling kaya di dunia, padahal ia tinggal di India yang kita ketahui merupakan negara dengan mayoritas beragama Hindu.

Kekayaan Azim seperti dilansir The Wall Street Journal belum lama ini, ditaksir mencapai US$ 17 miliar. walaupun hidup di negara dengan mayoritas Hindu dan kerap diwarnai pertentangan antargolongan, Azim berhasil membuktikan bahwa dia sukses sebagai pebisnis India.

Dalam sejarah orang kaya di India, Azim bahkan beberapa kali menduduki peringkat nomer satu orang terkaya di India. Lewat Wipro Ltd, perusahaan yang didirikannya dan bergerak di bidang teknologi informasi (TI), Azim jadi kesohor karena berhasil membangun kawasan Silicon City di Bangalore, India.

Azim juga dikenal sebagai sosok pengusaha di India yang berhasil menanamkan budaya bisnis modern yang mampu memanfaatkan arus globalisasi di negerinya. Nyatanya, banyak peng­usaha muda di India yang mengikuti jejaknya.

Kini pengusaha muda India mulai berkiprah di bisnis internasional. Salah satu kunci keberhasilan Azim dalam berusaha adalah ia tidak membawa atribut keagamaan. Semua dilakukannya, semata-mata dengan pertimbangan ekonomi. Antara lain, ia tak pernah membeda-bedakan 70 ribu pekerjanya berdasarkan agama yang dipeluknya.

Bahkan di setiap hari besar agama Islam, Azim tak pernah meliburkan karyawannya. Begitu pula halnya ketika ia memutuskan siapa di antara karyawannya yang layak menduduki posisi di tingkat top management, pertimbangannya hanya berdasarkan pada prinsip-prinsip profesional.

Tidak mengherankan, hanya beberapa orang yang seagama dengannya yang dapat duduk di jajaran direksi. Yang selalu dikatakannya adalah bahwa ia merupakan warga negara India.

Kiprah di Wipro Ltd setelah melewati jalan yang panjang. Keterlibatannya dalam bisnis bermula ketika ia harus menggantikan posisi ayahnya yang meninggal dunia pada 1966. Ketika itu, sang ayah berkedudukan sebagai Direktur Utama Vanaspati, tak lain perusahaan keluarga yang bergerak di industri pertanian, khususnya minyak biji bunga matahari  yang dirintisnya.  (EP/Fr)


Tags : Kolom Profil


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top