Becak Tenaga Surya Buatan Anak SMK Beroperasi di Malioboro

Author : Franki Dibuat : Feb 5, 2018

Becak Tenaga Surya Buatan Anak SMK Beroperasi di Malioboro
Listrik Indonesia | Becak sebagai transportasi wisata nomor 1 di Yogyakarta, belakangan banyak diubah menggunakan mesin motor. Akibatnya, polusi udara pun meningkat. Tergerak untuk membuat becak ramah lingkungan, pelajar SMK Piri 1 Yogyakarta menciptakan becak listrik tenaga surya.

SMK Piri 1 Yogyakarta pada 2012 mencoba merekayasa becak berpanel surya, awalnya panel surya diletakan belakang kursi pengemudi. Atas permintaan Kementerian Riset dan Teknologi, pembenahan dilakukan pada bagian panel surya yang kini diletakkan di atas atap becak.

Becak di Yogyakarta banyak diubah dengan menambahkan mesin sepeda motor, diciptakan becak panel surya dinilai dapat mengurangi polusi di Kota Yogyakarta,  serta ramah lingkungan.

Hingga saat ini telah ada 11 becak listrik buatan SMK Piri 1 Yogyakarta yang beroperasi di kawasan Malioboro. Becak tenaga surya ini mampu melaju 30 km/jam,  dapat menempuh 60 menit sekali charge,  untuk malam hari 40 menit dan mampu membawa beban 350 kilogram. Daya dari panel surya dapat terisi secara terus - menerus bila cuaca cerah. Adanya becak listrik tenaga surya ini dapat merasakan manfaatnya bagi pengemudi becak. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top