Begini Keandalan Listrik Ibu Kota Baru

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Feb 3, 2020

Begini Keandalan Listrik Ibu Kota Baru
Listrik Indonesia | Menjaga keandalan listrik di Ibu Kota sangatlah penting, nantinya sistem kelistrikan ibu kota negara baru Penajam Peser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akan dibuat lebih baik.

Direktur Bisnis Regional PLN Kalimantan dan Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, kebutuhan listrik ibu kota baru nantinya akan disuplai 39 persen berasal dari pembangkit berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT). Inilah ketentuan yang berbeda dari kota lainnya.

“Meski di sana belum ada pembangkit EBT yang dibangun, tapi kami diajak koordinasi dengan Bappenas untuk menyiapkan kondisi kelistrikannya," kata Huda.

Menurutnya, ‎sistem kelistrikan ibu kota negara baru juga harus lebih baik ketimbang kota lain. Sehingga, ibu kota negara baru bebas dari pemadaman listrik. Hal ini seperti yang diterapkan pada sistem kelistrikan di kawasan Istana Negara yang ada di Jakarta. Nantinya, kabel akan tersusun rapih dengan sistem undergroud.

“Kabel gak boleh semrawut di sana, biar tata kota terlihat rapih,” ujarnya.

Diperkirakan kebutuhan listrik ibu kota baru mencapai 800 Mega Watt (MW). PLN sudah memulai memperkuat sejumlah jaringan ‎sistem kelistrikan di Kalimantan. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menyambung semua jaringan sistem kelistrikan yang ada di Kalimantan.

“Dengan sistem kelistrikan yang sudah terhubung, pasokan listrik berasal lebih dari satu sumber, sehingga jika terjadi satu gangguan akan dipasok dari sumber lain,” tandasnya. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top