Beralih ke Gas, Pemerintah Siapkan Permen Aturan BBG

Author : Franki Dibuat : Apr 12, 2017

Beralih ke Gas, Pemerintah Siapkan Permen Aturan BBG
Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja (Foto: R Akmal)
Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) terkait regulasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin menggantikan pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) dialihkan ke BBG.

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, pihaknya sudah menyiapkan Permen dan sudah ditandatangani Menteri ESDM dan tinggal menunggu nomornya. "Sudah teken Menteri ESDM, tinggal nunggu nomor, begitu dapat nomor akan segera dipublikasikan," ujar Wirat di Jakarta, (12/04).

Ia menambahakan, ada beberapa poin yang akan disampaikan yaitu pada setiap SPBU nantinya akan ada dispenser untuk BBG, "Untuk kendaraan umum, kemudian kendaraan dinas di BUMN energi diwajibkan menggunakan gas," ungkapnya.

Ia menerangkan, sejauh ini tidak ada resistensi dari para pengusaha terkait dengan aturan tersebut. "Wilayah yang akan didahulukan adalah daerah yang memiliki infrastruktur dan potensi gas besar. Daerah tersebut misalnya, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Prabumulih, dan kota-kota yang sudah ada jaringan gas," imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, terkait aturan tersebut diperkirakan dalam satu atau dua pekan sudah dapat dipublikasi. "Sekitar satu sampai dua Minggu lagi aturan tersebut siap," tandasnya. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top