Besarnya Peluang Kerja di Sektor Kelistrikan, STT PLN Siapkan SDM Andal

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Feb 6, 2020

Besarnya Peluang Kerja di Sektor Kelistrikan, STT PLN Siapkan SDM Andal

Listrik Indonesia | Melihat peluang kerja di sektor ketenagalistrikan yang amat besar, Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN menyiapkan lulusan yang andal, terampil dan ahli diberbagai bidang.
 

Biasanya lulusan sekolah menengah atas/kejuruan terkadang bingung dalam memilih lembaga pendidikan selanjutnya. Terlebih berharap setelah lulus kuliah bisa langsung dapat pekerjaan, tidak banyak kampus yang ditunggu lulusannya oleh perusahaan untuk bekerja di tempatnya. Berbeda dengan STT PLN, beberapa perusahaan di sektor kelistrikan menantikan para lulusan dari kampus tersebut untuk bergabung di perusahaannya. Bahkan, perusahaan menitipkan sumber daya manusiannya untuk belajar di STT PLN. Mengapa lulusan STT PLN dinantikan oleh perusahaan-perusahaan besar kelistrikan ?
 

Profesor Iwa Garniwa Ketua STT PLN mengatakan, STT PLN merupakan kampus terapan yang di mana ruang praktik mahasiswanya lebih banyak dibanding kampus lain. Semisal, di kampus lain praktik hanya 20 persen, di STT PLN bisa sampai 40 persen praktik. Kemudian, selain ijazah lulusan STT PLN juga dibekali sertifikasi lain seperti sertifikat microsoft office, bahasa inggris dan kompetensi.
 

“Jadi kita benar-benar menciptakan SDM yang andal, terampil dan ahli. Dengan sertifikat itu mereka (lulusan) relatif mudah untuk mendapatkan pekerjaan,” ucap Iwa disela-sela acara Edutech, JCC Senayan Jakarta. Kamis, (6/2).
 

Selain itu, STT PLN bekerjasama dengan industri sebagai ruang praktik pemagangan sesuai bidangnya masing-masing. Seperti baru-baru ini melakukan kerja sama dengan GE Industry, di mana perusahaan tersebut telah menantikan para lulusan STT PLN untuk bekerja di tempatnya.
 

“Kita baru saja kerja sama dengan GE Industry yang membutuhkan tenaga ahli, nantinya lulusan STT PLN yang lolos seleksi kerja bisa bekerja di proyek-proyek milik GE Industry baik di Indonesia maupun negara lain. Kita juga diberi kesempatan khusus dari PT PLN untuk lulusan yang ingin bekerja di sana, tentu harus melalui tahap seleksi juga” terangnya.
 

Menurut Iwa, peluang bekerja di sektor ketenagalistrikan sangat besar. Industri ini terus mengalami pertumbuhan, terlebih saat ini Indonesia memiliki megaproyek 35.000 megawatt. Tentu akan banyak menyerap tenaga ahli dari berbagai bidang kelistrikan. Inilah mengapa STT PLN membuka kuota banyak untuk calon mahasiswa.
 

“Tahun ini kita buka 2.300 untuk menjadi mahasiswa STT PLN. Setiap tahun selalu dipenuhi pendaftar, tetapi kita juga ada seleksi,” ujarnya.
 

STT PLN dalam waktu dekat ini menjadi Institut Teknologi PLN, segala fasilitas dan prodi ditambah. Kampus tersebut tidak hanya membuka jenjang Diploma 3, Strata Satu dan Pasca Sarjana saja, tetapi setiap tahunnya membuka kelas Vokasi. Inilah yang coba diperkenalkan oleh STT pada acara pameran Edutech 2020. Terlihat para siswa antusias berkunjung ke booth STT PLN yang penasaran dengan program yang dimiliki STT PLN.
 

Prof Iwa berpesan kepada calon mahasiswa agar memilih kampus yang tepat, menentukan jurusan yang sesuai passion dan hati. Jangan sampai mengeluh disaat proses perkuliahan berlangsung. (CR)

 

 

 

 

 

 


Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top