Bukan Cuma Jual Minyak, Ini Dia Bisnis Energi Terbarukan Pertamina

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : May 28, 2020

Bukan Cuma Jual Minyak, Ini Dia Bisnis Energi Terbarukan Pertamina

Listrik Indonesia | Mendengar kata PT Pertamina (Persero) identik dengan jual Bahan Bakar Minyak (BBM). Ternyata, untuk mempertahankan bisnis energi di masa mendatang, Pertamina juga melebarkan sayap bisnisnya ke sektor energi terbarukan.

Sektor Gas, Energi Baru dan Terbarukan (GEBT) merupakan sektor bisnis yang semakin penting bagi Pertamina mengingat peranannya di masa depan sebagai sumber energi primer menggantikan peran sumber energi dari minyak bumi dan batu bara.

Pertamina melalui penunjukan/penugasan dari SKK Migas, Pertamina bertanggung jawab untuk memberikan arah, kebijakan dan strategi di seluruh mata rantai bisnis gas, mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan bisnis gas di Anak Perusahaan, serta memberikan persetujuan dan memantau realisasi proyek-proyek investasi yang dieksekusi oleh Anak Perusahaan.

Tercakup di dalamnya adalah pelaksanaan pengelolaan bisnis liquefied natural gas (LNG) dan liquefied petroleum gas (LPG), serta penjualan CNG (Transportasi). Selain itu, Pertamina juga mengembangkan energi terbarukan seperti panas bumi, solar cell, lithium ion battery, biodiesel, green energy station dan lainnya.

Pada segmen bisnis power dan renewable energy, Pertamina berkomitmen untuk melakukan diversifikasi usaha ke segmen energi baru dan terbarukan sebagai dukungan atas program pemerintah untuk bauran energi yang menargetkan porsi energi baru dan terbarukan sebesar 25% pada tahun 2025.

Belum lama ini, Pertamina juga menyatakan siap untuk menjadi produsen baterai lithium sejalan dengan keinginan Pemerintah dalam mempercepat keberadaan kendaraan listrik di Indonesia. (CR)

 

 

 

 

 

 


Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top