Bukber APBI: Anggota Sudah Memenuhi DMO Untuk Pembangkit Listrik

Author : Franki Dibuat : May 24, 2018

Bukber APBI: Anggota Sudah Memenuhi DMO Untuk Pembangkit Listrik
Listrik Indonesia | Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) mengadakan acara buka bersama bareng anggotanya, media, dan dihadiri Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, juga Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Jakarta, Rabu (23/5).

Terkait aturan Domestic Market Obligation (DMO) batu bara yang tercantum dalam Keputusan (Kepmen) ESDM Nomor 1395 K/30/MEM/2018 tentang Harga Jual Batu Bara Untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum dengan harga USD70 per ton dipatok untuk pembangkit listrik.

Dalam keterangannya, Direktur Eksekutif APBI, Hendra Sinadia, kendati saat ini harga DMO telah ditentukan pemerintah, dari pihak pengusaha, PLN juga pemerintah melakukan negosiasi yang cukup alot. Namun, sejak aturan tersebut dikeluarkan, anggota APBI langsung menjalankannya dan langsung mengirimkan batu bara sesuai dengan kebutuhan pembangkit sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

“Anggota pemasok batu bara terbanyak untuk kebutuhan listrik, sekitar 85% sudah dijalankan untuk pemenuhan DMO.ujar Hendra di Hotel Kempinski, Jakarta.
Hendra juga menjelaskan isu-isu strategis yang sedang jadi fokus APBI, seperti  fokus kepada proses konversi atau perubahan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi kinerja sektor batu bara yang turut menyumbang surplus perdagangan luar negeri Indonesia. di samping itu, pemerintah akan terus memperbaiki iklim usaha melalui reformasi birokrasi dan efisiensi. Jadi, segala program pembangunan yang sudah dicanangkan dapat langsung dilaksanakan sampai selesai.

“Semoga sektor batu bara dapat terus berkontribusi untuk perekonomian Indonesia,” tutupnya. (GC)

Tags : News
Terakhir disunting : May 24, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top