Cadangan Migas Dalam Laut Indonesia Masih Aman

Author : Franki Dibuat : Nov 11, 2017

Cadangan Migas Dalam Laut Indonesia Masih Aman
Listrik Indonesia | Luasnya lautan Indonesia menyimpan banyak potensi minyak dan gas (migas), dengan begitu cadangan migas Indonesia masih dalam kategori aman.

Sekitar 70% cadangan migas Indonesia terdapat di cekungan-cekungan tersier lepas pantai dan lebih dari separuhnya terletak di laut dalam. Sejak 2004 telah beroperasi lebih dari 36 perusahaan minyak di Wilayah Kerja (WK) lepas pantai dari  total 153 WK, yang telah melaksanakan eksplorasi dan eksploitasi di lepas pantai, menurut data litbang Kementerian ESDM.

Saat ini, diidentikasi ada 66 cekungan migas di seluruh Indonesia, sebagian darat, laut dangkal dan perairan territorial. 16 cekungan yang sudah berproduksi, delapan cekungan berpotensi dan 42 cekungan yang belum dieksplorasi.

Realisasi produksi yang siap dijual atau lifting mencapai 7.512 juta standar kaki kubik per hari. Sebagian besar di antaranya berasal dari 10 ladang gas yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Penyumbang terbesar adalah Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Diikuti Blok Berau dan delapan ladang gas lain. Dengan begitu cadangan migas Indonsia masuk kategori aman, meski belum ada proyeksi kapan cadangan migas akan menipis.

Selain itu, pemerintah berencana turun tangan membebaskan lahan yang akan digarap untuk mencari kandungan  migas. Hal ini untuk memudahkan pencarian kandungan migas. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar ‎mengakui, berbagai hambatan dari sisi perizinan dan keamanan masih menjadi hambatan dalam kegiatan pencarian migas atau eksplorasi.

“Untuk mengatasi persoalan itu, semua pihak harus bahu membahu mencari solusinya,” tukas Arcandra yang dilansir liputan6.com. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top