Cara Hemat Bahan Bakar pada Kendaraan

Author : Franki Dibuat : Nov 6, 2016

Cara Hemat Bahan Bakar pada Kendaraan
Listrik Indonesia | Kondisi dijalan raya di kota-kota besar seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya, memang tidak pernah ada sepinya. Akan sangat menyebalkan apabila terjebak didalam situasi yang seperti itu, terlebih lagi jika kita membawa kendaraan pribadi sendiri, akan menyebabkan borosnya bahan bakar kendaraan.

Meski begitu, ada beberap tips untuk bisa hemat bahan bakar minyak (BBM) jika terjebak didalam kemacetan. Pertama, atur putaran mesin dengan tepat saat mulai menjalankan kendaraan serta sesuaikan gigi kecepatan. Sebab ketika kita sedikit maju dan sedikit ngerem, laju mobil yang sudah kita ciptakan akan terbuang sehingga ada pembakaran yang sia-sia. Lalu jaga jarak dengan kendaraan di depan bila jarak terlalu dekat sedangkan jalanan macet.

Saat memacu mobil dengan memberikan tekanan pedal gas agak mendalam untuk mengejar mobil yang berada di depan, lalu melakukan rem mendadak. Hal ini tentu membuang energi. Sarannya, lebih baik menyesuaikan putaran mesin dan melaju secara bertahap.

Untuk para pemilik kendaraan roda empat sejatinya agar dapat mengurangi suhu pengaturan air condition (AC), sehingga kompresor AC yang sejatinya membebani mesin tidak terlalu sering hidup.

Disarankan untuk pengguna kendaraan agar tidak terlalu banyak menghidupkan piranti kelistrikan jika tidak terlalu dibutuhkan. Sebab, beberapa model mobil memang dirancang agar menaikan putaran mesin saat ada kenaikan beban listrik. Hal ini dilakukan agar sebaiknya manfaatkan engine brake untuk pengereman dikombinasikan dengan penekanan pedal yang pas, agar tidak terlalu banyak tenaga mesin yang terbuang sia-sia. (RG)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top