Cegah Surplus Listrik, Pemerintah Bangun HVDC dari Jawa ke Sumatera

Author : Franki Dibuat : Apr 11, 2017

Cegah Surplus Listrik, Pemerintah Bangun HVDC dari Jawa ke Sumatera
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Ryan Galuh)
Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membangun jaringan transmisi daya arus searah (High Voltage Direct Current/HVDC) 500 kilo Volt (kV‎) Jawa-Sumatera yang akan dimulai pada 2021 mendatang. Nantinya, pasokan listrik dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya dapat dialirkan melalui kabel bawah laut.

Menurut Menteri ESDM Ignasius Jonan, PT PLN (Persero) sudah sepakat dengan pemerintah untuk menyelesaikan proyek HVDC tersebut. 

"Pembangunannya akan dimulai  pada 2021, mungkin pada 2024 proyek itu sudah selesai," ujar Jonan di Jakarta, Selasa (12/03).

Ia menerangkan, proyek HVDC sebenarnya tidak ada bedanya dengan proyek sebelumnya. Hanya saja proyek ini nantinya akan mendistribusikan listrik dari Jawa ke Sumatera. "Proyek kabel bawah laut ini sebelumnya direncanakan mengalirkan listrik dari Sumatera bagian Selatan ke Jawa," tambahnya.

Ia mengungkapkan, seiring dengan pembangunan proyek pembangkit listrik di Jawa, perubahan konsep proyek tersebut dilakukan lantaran kondisi listrik di Jawa mengalami surplus sebesar 5 ribu Megawatt (MW). "Nantinya Sumatera akan terhindar dari surplus pada 2024 mendatang," ungkapnya. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top