Dampak Korona, PLN Diminta Kaji Ulang Proyek Kelistrikan

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Apr 25, 2020

Dampak Korona, PLN Diminta Kaji Ulang Proyek Kelistrikan
Listrik Indonesia | Virus Corona memberikan dampak bagi perekonomian, tak ayal sejumlah proyek infrastruktur dibebrapa negara pun berhenti. Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto meminta PT PLN (Persero) untuk menkaji ulang proyek-proyek sektor kelistrikan.

Dalam keterangan tertulisnya Jumat, (24/4). Mulyanto menyoroti mangkraknya sejumlah proyek pembangkit listrik, yang dinilai harus menjadi pelajaran bagi PLN sebelum memulai proyek pembangunan pembangkit listrik baru lainnya.

“Saya kira ini saatnya bagi PLN untuk mengkaji ulang beberapa proyek pembangunan pembangkit baru. Jangan sampai pembangunan menghabiskan biaya besar ternyata belum diperlukan oleh masyarakat,” ucapnya.

Lanjut, ia berpendapat, tanpa pembangunan pembangkit baru saja pasokan listrik ke masyarakat sudah surplus. Apalagi disaat wabah pandemi Covid-19 di mana benar-benar menguras uang negara, jadi perlu adanya pengkajian ulang.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini  saat rapat online dengan Komisi VII, pada Rabu (22/4/2020).  Ia mengatakan, PLN pun melakukan sejumlah upaya, dengan melakukan evaluasi terhadap rencana investasi kelistrikan.

"COVID-19 memberikan dampak terhadap proyek pemasok dan pelangan PLN. Sehingga PLN melakukan hal-hal sebagai berikut, meninjau kembali rencana investasi proyek-proyek kelistrikan dengan menyesuaikan proyeksi pertumbuhan beban dan kondisi terkini," ujarnya.

Zulkifli menjelaskan, pembangunan infrastruktur skala besar seperti pembangkit, transmisi dan gardu induk dilakukan dengan skala prioritas dengan memperhatikan urgensinya.

Kemudian, proyek prioritas akan tetap berjalan dengan menyediakan anggaran sesuai kebutuhan sehingga bisa selesai pada tahun ini. Lanjutnya, untuk proyek yang skala prioritas dapat ditunda maka akan ditunda pelaksanaannya.

"Proyek yang secara prioritas yang dapat ditunda penyelesaiannya maka dilakukan penundaan dengan mitigasi yang baik sehingga tidak berdampak signifikan terhadap sistem kelistrikan," ungkapnya. (CR)

 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top