Diklat Vokasi STT PLN Mencetak SDM Unggul

Author : Franki Dibuat : Mar 8, 2018

Diklat Vokasi STT PLN Mencetak SDM Unggul
Listrik Indonesia | Sebanyak 30 peserta didik lulusan Diklat STT PLN dibekali keahlian khusus di bidang pembangkit listrik, hasilnya para lulusan banyak diminati oleh perusahaan pembangkit untuk bekerja sebagai tenaga ahli.

Ketua Diklat Vokasi STT PLN, Ir. Teguh Juwono mengatakan, Pendidikan Pelatihan (Diklat) Vokasi/Keahlian adalah yang pertama kali diadakan oleh STT PLN sejak 2 Maret 2017. Para peserta didik dibekali dengan kemampuan sesuai dibidangnya masing-masing  yang terfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Selama satu tahun para peserta didik dibina mulai dari praktek, teori dan kedisiplinan.

75,8% peserta didik dibina dengan praktek yang langsung terjun ke lapangan di tiga PLTU diantaranya PLTU Tabalong, Kalimantan Selatang, PLTU Lontar di Karawang dan PLTU di Tangerang. Sementara, 24,2% memberi pendidikan teori, juga untuk pelatihan kedisiplinan STT PLN bekerjasama dengan TNI dimana para peserta didik bina secara mental dan disiplin.

Batasan kuota peserta didik Diklat minimum 20 hingga 30 peserta, hal ini dikarenakan agar sistem pembelajaran efektif dan efisien. Oleh karena itu, para lulusan Diklat dicetak menjadi SDM yang unggul, dengan begitu diklat ini banyak diminati oleh beberapa perusahaan pembangkit. Dari 30 peserta, 17 orang adalah pekerja dari PT Dian Swastatika Sentosa, Tbk (DSSP), 5 orang dari Cogindo dan 13 orang dari umum.

“Para lulusan ini langsung bekerja di pembangkit batubara, menjalani diklat dan mendapatkan sertifikat adalah sebagai awal karir mereka untuk berkarya kepada negeri khususnya dibidang kelistrikan,” ucap Teguh kepada Listrik Indonesia usai pelepasan peserta didik Diklat, di Gedung STT PLN, Tangerang, Kamis (8/3).

Dipandu Pendidik Berpengalaman
Ir. Supriadi Legino, Ketua STT PLN menambahkan, sesuai amanat UU nomor 30 tahun 2009 bahwa setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat. Diklat ini juga sejalan dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja untuk operasi dan pemeliharaan PLTU Batubara sebagai bagian dari proyek percepatan ketenagalistrikan 35.000 MW.

Diklat ini bukan hanya hisapan jempol saja, mengedapankan kualitas dan kemampuan salah satu cita-cita dari STT PLN untuk yang mengenyam pendidikan di kampus tersebut. Mendatangkan pendidik yang berpengalaman dibidang kelistrikan, diharapkan bisa menularkan keahliannya kepada para peserta didik.
“Kita datangkan pendidik dari mantan pegawai PLN yang mempunyai segudang pengalaman, jadi memang peserta didik kita beri kompetensi teknis yang nantinya kita berikan sertifikat teknis. Diharapkan para peserta didik menyerap pengalaman kerja, etos kerja dan budaya perusahaan dari para instruktur dan mentor sehingga bisa meningkatkan soft skill masing-masing,” tuturnya.

Muhammad Ridwan Abdurrahman mempunyai kesan tersendiri usai mengikuti Diklat Vokasi ini, menurutnya program ini memiliki suatu kebanggaan tersendiri karena diajari ilmu kelistrikan dan diberi pengalaman terjun ke pembangkit layaknya seorang operator, terlebih knowledge sharing yang diberikan dari para pendidik yang berpengalaman.

“Semoga kedepannya program ini semakin  lebih baik lagi agar menghasilkan operator pembangkit yang berkompeten,” pesannya.

Program ini disambut baik oleh Munir ahmad, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan ESDM menurutnya, program ini mewakili Pemerintah untuk mencetak tenaga ahli yang andal dan unggul agar dapat bisa bersaing dengan tenaga ahli dari luar negeri. Saat ini, dengan adanya program 35.000 MW Indonesia masih banyak membutuhkan tenaga ahli kelistrikan terutama dibidang operator, dengan begitu Pemerintah sangat mendukung adanya program khusus pendidikan ketengalistrikan baik di STT PLN maupun lainnya.

“saya berharap vokasi bukan hanya di bidang pembangkit saja, namun juga kedepan vokasi STT PLN harus membukan pendidikan dibidang transmisi dan distribusi,” cetusnya.

Vokasi STT PLN memang berminat untuk kedepan akan membukan pendidikan vokasi dibidang transmisi dan distribusi. Untuk mendaftar di Diklat Vokasi STT PLN bisa langsung datang ke STT PLN yang beralamat Jalan Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng. Biaya pendidikannya pun tergolong murah hanya Rp14 juta hingga selesai dan mendapatkan sertifikat kompetensi. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top