Dirjen EBTKE Resmikan PJU Tenaga Surya di Minahasa

Author : Franki Dibuat : Feb 8, 2019

Dirjen EBTKE Resmikan PJU Tenaga Surya di Minahasa
Listrik Indonesia | Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana meresmikan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umun Tenaga Surya (PJU-TS) di Talikuran Sonder, Minahasa ,Sulawesi Utara, Jum'at (8/2).

Acara peresmian PJU-TS ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Minahasa, dan Kepala Dinas Energi yang mewakili Gubernur Sulawesi Utara, memberikan sambutan serta tokoh masyarakat Talikuran Sonder, Minahasa.  

Sebagai informasi, kontribusi listrik dari energi terbarukan di Bumi Nyiur Melambai cukup fantastis, yaitu sebesar 44 persen melebihi target bauran energi nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025. Penyumbang terbesar pembangkit EBT dari Geothermal dan PLTS.

Dalam sambutannya,Rida Mulyana menjelaskan secara keseluruhan PJU-TS yang telah diresmikan sekuruh Indonesia dari tahun 2015 sampai 2019 sebanyak 35.900 PJU TS. Sementara itu Untuk kabupaten Minahasa mendapat bantuan sebanyak 300 titik PJU-TS, sementara itu untuk Kecamatan Sonder mendapatkan 141 titik.

"PJU Tenaga Surya ini dibangun dari pajak yang masyarakat bayaran. Kami hanya mengalokasikan sesuai dengan usulan yang dilakukan oleh anggota Komisi 7 DPR RI. Jadi kami hanya menyusun rencana ini dari uang yang didapat dari apa yang masyarakat berikan kepada negara," jelas Rida Mulyana di sela-sela peresmian PJU -TS di Sonde, Minahasa.

Lebih jauh Rida mengungkapkan, untuk tahun 2019, Kabupaten Minahasa kembali akan mendapat bantuan 300 PJU -TS.

Dia berharap apa yang telah dibangun  dari uang masyarakat agar keberadaan PJU TS tetap dijaga jangan sampai dirusak atau dicuri baterainya sehingga merugikan masyarakat sendiri akibat tidak berfungsi.

"Kami telah berupaya meminimalisir agar baterai PJU TS tidak lagi dicuri dengan teknologi baru dimana lampu dan baterainya menjadi satu. Tentu jauh lebih penting lagi jika masyarakat sendiri yang menjaga dan merawatnya supaya tetap bisa berfungsi,"pungkas Rida Mulyana. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top