Dirut PLN Baru, Dukung EBT Untuk Ketahanan Energi

Author : Franki Dibuat : Aug 9, 2019

Dirut PLN Baru, Dukung EBT Untuk Ketahanan Energi
Surya Dharma, Ketua Umum METI
Listrik Indonesia | Sebagai BUMN Listrik pelat merah, PLN diberi tugas ganda yaitu melaksanakan Publik Service Obligation (PSO) untuk melistriki masyarakat yang kurang mampu melalui subsidi, dan di sisi lain mencari profit untuk perusahaan.

Tantangan untuk melistriki seluruh masyarakat menjadi tugas PLN. Dengan berbagai upaya terus menerus harus diakui bahwa PLN telah bekerja keras untuk menyelesaikan penugasan penting di bidang kelistrikan, salah satunya adalah menuntaskan program 35.000 MW dan on going progress 7.000 MW.

Melihat kondisi kelistrikan yang semakin dibutuhkan, tentunya ke depan nakhoda PLN harus profesional, mandiri, dan berani secara terukur mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih tersisa.

Seperti apa sosok nakhoda yang ideal untuk memimpin PLN? Listrik Indonesia mencoba meminta masuk­an dan pendapat dari berbagai narasumber. Berikut beberapa kutip­an pendapatnya seperti dimuat dalam majalah Listrik Indonesia edisi 69 dalam rubrik Mereka Bicara.

Menurut Surya Dharma, Ketua Umum METI, sosok Dirut PLN sebaiknya adalah yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai pada sektor ketenagalistrikan. Sosok tersebut juga harus paham perkembangan industri ketenaga­listrikan yang sudah menuju Industri 4.0.

Kondisi ke depan akan semakin menantang karena energi terbarukan akan jadi unggulan dalam mendukung ketahanan energi dan ketenaga­listrikan. Sesuai dengan sifatnya, banyak yang intermittent harus diantisipasi oleh PLN sebagai single buyer energi listrik di Indonesia. Jika tidak, maka energi terbarukan tidak akan menjadi prio­ritas dan akhirnya akan terus bergantung pada energi yg tidak terbarukan. Karena itu, leadership merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan bagi masa depan energi terbarukan di Indonesia. (DH)
 

Tags : News
Terakhir disunting : Aug 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top