Dirut PLN Harus Mengerti Kelistrikan

Author : Franki Dibuat : Jul 2, 2019

Dirut PLN Harus Mengerti Kelistrikan
Supriadi Legino (Foto: Mita H)
Listrik Indonesia | Pemerhati Kelistrikan Supriadi Legino mengatakan, PT PLN (persero) sebagai perusahaan listrik negara diharapkan memiliki pemimpin yang mampu menguasai bidang kelistrikan.

"Orang yang boleh memimpin suatu institusi, haruslah orang yang menguasai bidangnya," Ujarnya di acara Halal Bihalal Juri IBEA 2018 di Kantor Dewan Energi Nasional (DEN), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, PLN merupakan institusi yang sangat teknis, akan cukup sulit memimpin perusahaan ini tanpa dibekali ilmu dan pengalaman yang cukup. "Listrik itu suatu barang yang nyata, namun tidak seperti benda yang bisa disentuh. Orang yang tidak mengerti listrik, akan sulit mendalami bidang ini," jelasnya.

Meski demikian, posisi Direktur Utama yang sebelumnya diisi oleh Sofyan Basir tersebut menurutnya tidak harus disinggahi oleh orang PLN.

"Tidak harus orang PLN, asal orang itu harus mengerti bidang ini dan mau mendalami secara baik. Jiwa kepemimpinannya harus ada dalam pengabdian," Ujarnya  

Selain itu, ia menekankan, sosok yang dipilih pemerintah itu harus memiliki sense of art. "Sosok yang dipilih pemerintah biasanya memiliki beban politik. Namun jangan mengorbankan profesionalisme," Lanjut dia.

"Bila sosok itu bukan orang PLN dan  tidak mengerti listrik juga tidak apa. Asalkan, dia harus paham diri.  Minimal, dia harus menggandeng orang-orang yang paham betul soal listrik dan PLN di kanan kirinya.

"Orang-orang itu juga tidak boleh seorang yes man, atau orang yang manut. Melainkan orang-orang yang bisa mengisi kelemahan Dirut PLN tersebut," tambah dia.

Sebelumnya, PT PLN kembali melakukan perombakan direksi, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2019 memutuskan mengangkat Djoko Raharjo Abumanan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN dan jajaran direksi baru lainnya. (MAH)

Tags : News
Terakhir disunting : Jul 2, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top