Dukung Efisiensi Energi, Siemens Fokus pada Transformasi Digital

Author : Franki Dibuat : Sep 19, 2018

Dukung Efisiensi Energi, Siemens Fokus pada Transformasi Digital
Listrik Indonesia | Dalam perhelatan Power-Gen Asia yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, sekaligus memperingati Hari Listrik Nasional yang ke-73, PT Siemens Indonesia memamerkan teknologi dan sistem teranyar yang memberikan efisiensi energi dan hemat biaya guna mendukung transformasi digital di sektor energi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Dalam konferensi, para ahli teknis dari PT Siemens mengambil bagian sebagai pembicara dalam 17 sesi dengan berbagai macam topik mulai dari Pengoptimalan Pengoperasian Pembangkit, Teknologi Pembangkit Listrik, Digital Twin, Teknologi Energi Terbarukan, Pemanfaatan Sampah Menjadi Energi.

Guna memastikan pengoperasian yang optimal dan mengurangi downtime yang tidak direncanakan, PT Siemens menawarkan sebuah sistem pemantauan kesehatan diagnostik, prediktif, dan preskriptif jarak jauh berbasis cloud untuk perusahaan energi, minyak dan gas, dan industri umum yang terpisah dari perusahaan induk yang disebut Siemens Intelligent Plant Equipment Health Monitoring System (SiEHM).

Menurut Kepala Divisi Daya dan Gas, PT Siemens Indonesia, Bernaud Stuckart, teknologi ini bekerja pada perangkat lunak termutakhir milik Siemens yang bernama Omnivise Fleet Management yang mengubah data-data teknis menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti, seperti diagnostik aset, pemantauan kinerja, atau pengoptimalan pengoperasian, sehingga membuka wawasan baru bagi utilitas dalam mengelola dan memasarkan semua aset mereka.

"Siemens memperkenalkan turbin gas industri SGT-800 yang mampu menghasilkan daya listrik sebesar 57 Megawatt (MW) dan efisiensi listrik lebih dari 40% dalam pembangkit dengan siklus-sederhana," jelasnya di ICE BSD, Tangerang (18/09).

Ia menambahkan, pada modifikasi pembangkit siklus gabungan mampu menghasilkan daya listrik sebesar 163 MW dan menghasilkan efisiensi listrik lebih dari 58,5%.

"Hingga saat ini, sudah lebih dari 350 unit terjual dengan waktu operasional yang setara lebih dari 6 juta jam. SGT-800 adalah pilihan yang sangat tepat untuk produsen energi bagi industri serta perusahaan minyak dan gas yang memiliki tingkat permintaan energi yang sangat tinggi," papar Bernaud.

Dikatakan olehnya, gardu induk sebagai pusat dari sistem energi memegang peran penting dalam jaringan listrik dan akan semakin berperan lebih penting lagi bagi jaringan listrik di masa depan.

Untuk itu, PT Siemens menawarkan pendekatan holistik untuk solusi gardu digital dengan memanfaatkan secara konsisten seluruh data yang tersedia, menganalisis dengan canggih dan konektivitas data yang komprehensif melalui MindSphere (sistem operasi terbuka berbasis cloud).

"Gardu digital Siemens memberikan kontribusi dalam menyelaraskan kebutuhan bisnis dengan kebutuhan masyarakat. Produk ramah lingkungan dari Siemens Blue Portfolio seperti pemutus sirkuit, instrumen transformator dan gas insulated switchgear yang terintegrasi dengan penyela vakum dan insulasi Clean-Air," jelasnya.

Selain itu, PT Siemens juga menjalin kerja sama dengan mitra lokal di sektor Energi dan Ketenagalistrikan di Indonesia.

Untuk memperkuat kapasitas industri Indonesia dan meningkatkan akses ke pasar internasional, PT Barata Indonesia (Persero) telah menandatangani perjanjian untuk mengambil alih Pabrik Komponen Turbin Siemens di Cilegon, Banten pada bulan Agustus 2018 lalu.

Sebelumnya, PT Barata dan Siemens telah berhasil berkolaborasi dalam proyek pembangkit listrik dan pembuatan unit turbin untuk industri gula.

"Pada April 2018, badan usaha milik negara PT Surveyor Indonesia (Persero) bermitra dengan Siemens untuk pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik di Indonesia, termasuk manufaktur suku cadang untuk generator dan turbin (gas dan uap), inspeksi dan pemantauan generator, dan pengembangan sumber daya manusia," tandasnya. (Rg)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top