EBT Harus Diprioritaskan Seperti Infrastruktur Jalan

Author : Franki Dibuat : Jan 28, 2019

EBT Harus Diprioritaskan Seperti Infrastruktur Jalan
Listrik Indonesia | Untuk mengejar target Energi Baru Terbarukan dalam bauran energi atau energy mix nasional, pembangunan EBT harus diprioritaskan seperti pembangunan inftasruktur jalan raya.

Menurut Fauzi Imron, Anggota  Forum Energi dan Pertambangan Indonesia mengatakan, sampai 2018, keberhasilan pemerintah mewujudkan jalan tol Jakarta-Surabaya serta pembangunan jalan di Papua dengan mengesampingkan soal keuntungan, merupakan suatu keberhasilan. Hal itu bisa dilakukan pada pengembagan EBT.

Untuk mencapai target 23% EBT dalam bauran energi nasional sangat sulit dilakukan.  

“Kecuali presiden terpilih nanti bisa memprioritaskan EBT ini seperti membuat jalan tol Jakarta-Surabaya yang dulunya mimpi sekarang berhasil. Atau jalan raya di Papua yang dibangun, itu juga suatu keberhasilan dari pemerintah sekarang. Saya berharap Presiden terpilih nanti adalah memprioritaskan EBT,” ungkap Fauzi.

Dengan memprioritaskan EBT seperti pembangunan jalan secara nasional sekarang, persoalan  Untung ataupun  tidak untung dalam meningkatkan kapasitas EBT, membuat kemungkinan tersebut masih bisa dicapai. Apalagi persoalan EBT ini bagi pemerintah, seharusnya menjadi sebuah kepatuhan  Indonesia kepada lingkungan hidup.

“Jadi ini bukan permintaan dari Kadin ataupun asoiasi. Tetapi ini merupakan komitmen Indonesia kepada dunia dalam Paris Agreement. Komitmen kita akan dikejar terus soal emisi rumah kaca. Ini kendala utama yang saya temukan agak sulit ke depan,” terang Fauzi.  (DA)

Tags : News
Terakhir disunting : Jan 28, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top