Energi Terbarukan Dukung Asian Games 2018 di GBK

Author : Franki Dibuat : Jun 7, 2018

Energi Terbarukan Dukung Asian Games 2018 di GBK
Listrik Indonesia | Berbagai infrastruktur pendukung Asian Games 2018 sedang dibenahi, mulai dari venue pertandingan hingga lahan parkir kendaraan yang di antaranya menggunakan energi terbarukan.

Jelang Asian Games 2018 Jakarta - Palembang, yang di antaranya akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, berbagai fasilistas di area ini terus dibenahi, termasuk lahan parkir kendaraan. Tim dari pengerjaan proyek Asian Games 2018 mempunyai gagasan untuk membuat lahan parkir yang tak biasa, yaitu memiliki atap dari panel surya.

Dibangunnya lahan parkir dengan atap panel surya bertujuan untuk menopang kebutuhan listrik dari GBK. Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Anggoro Putro, mengatakan hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Ada pun kapasitas listrik yang dihasilkan panel surya tersebut mencapai 1 MW.

“Kita ingin ada sesuatu yang berbeda saat pembenahan infrastruktur Asian Games tahun ini, yakni dengan membuat smart parking menggunakan atap panel surya. Kapasitasnya yang dihasilkan juga terbesar di Asia,” terangnya.

Tempat parkir dengan daya tampung 1.000 kendaraan tersebut ditargetkan selesai pada Juni 2018. Diketahui, total investasi pembangunan tempat parkir ini senilai Rp 244 miliar. Sedangkan untuk fasilitas panel surya mencapai Rp 40 miliar yang termasuk dalam nilai kontrak.  (GC/fr)

Tags : News
Terakhir disunting : Jun 7, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top