Gedung Ditjen EBTKE Bersertifikasi ISO 50001

Author : @MLI_Franki Dibuat : Feb 6, 2020

Gedung Ditjen EBTKE Bersertifikasi ISO 50001
Jakarta, ListrikIndonesia | Gedung Ditjen EBTKE berhasil memperoleh sertifikasi ISO 50001 versi 2018 Energy Management System. Sertifikasi ISO 50001 ini diberikan oleh Lembaga yang bergerak di bidang layanan sertifikasi, yaitu PT. TUV SUD Indonesia.  Kini, Gedung Ditjen EBTKE yang berlokasi di Cikini ini, menjadi Gedung Kementerian pertama yang memperoleh sertifikat ISO 50001:2018.

Apa itu Standar ISO 50001?  Standar ISO 50001 adalah standar internasional  untuk sistem manajemen energi, yang menyediakan kerangka kerja efektif untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan membentuk komitmen organisasi agar dapat terus meningkatkan kinerja energi. 

ISO 50001 berperan dalam mewujudkan visi dan misi bersama yaitu pengelolaan energi yang baik, yang utamanya berdampak pada penurunan suhu bumi, penurunan biaya yang lebih efisien dan produktif, membuat organisasi menjadi lebih kompetitif serta reputasi organisasi menjadi lebih baik.

Terhadap  apresiasi yang diberikan untuk Gedung Ditjen EBTKE tersebut, Dirjen EBTKE, F.X Sutijastoto, mengatakan, Indonesia harus terus mengedepankan pengelolaan energi dan transparansi yang lebih besar di berbagai sektor strategis. Dengan demikian bisa memberikan dampak signifikan bagi bumi dan lingkungan.

Proses sertifikasi ISO 50001 oleh lembaga sertifikasi independent diberikan melalui 2 langkah proses audit. Dimulai   dari Audit Tahap 1 (20 November 2019), kemudian dilanjutkan dengan Audit Tahap 2 atau Audit Sertifikasi (18-19 Desember 2019).  

Dan dari hasil audit tersebut, dinyatakan bahwa Gedung Ditjen EBTKE telah memenuhi seluruh persyaratan Standar Internasional dalam hal Sistem Manajemen Energi sesuai ISO 50001.  Dalam hal pengelolaan energi, ada empat faktor penting yang sangat berpengaruh, yaitu: teknologi (canggih), proses (efisiensi),  perilaku manusia (kesadaran dan komitmen), serta  sistem manajemen yang baik. (AB) 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top