Hemat Listrik ala KESDM

Author : Franki Dibuat : Oct 23, 2016

Hemat Listrik ala KESDM
Listrik Indonesia | Tanpa disadari kebiasaan sehari-hari membuat konsumsi listrik menjadi boros. Mulai dari menyalakan lampu saat ruangan tidak digunakan, membiarkan televisi dalam keadaan menyala, dan sebagainya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan tips sederhana kepada masyarakat untuk menghemat konsumsi energi.

Pertama, mencabut kabel saat peralatan elektronik tidak digunakan. "Mari kita ubah kebiasaan-kebiasaan dari yang paling sederhana. Mencabut kabel dari stop kontak," ungkap Rida Mulyana, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM beberapa waktu lalu.

Kedua, mematikan lampu-lampu saat ruangan tidak digunakan. "Kalau ruangan tidak dipakai, lampu dimatikan saja, jangan nyala terus," imbuhnya.

Ketiga, menyesuaikan suhu AC pada 25 derajat Celcius. Ketiga tips tersebut bisa diringkas menjadi '3 M', yaitu mencabut kabel; mematikan lampu; dan menyesuaikan suhu AC.

Dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan seperti ini saja, lanjut Rida, konsumsi listrik bisa turun hingga 10 persen.

Ia menegaskan, masyarakat pun bisa turut berperan dalam mencegah perubahan iklim (climate change) melalui konservasi energi. Dengan konservasi energi, kini semakin mendapat perhatian khusus dari pemerintah. (GF)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top