IBEA 2018: Dirjen ILMATE Apresiasi Terobosan Karya Anak Bangsa

Author : Franki Dibuat : Nov 15, 2018

IBEA 2018: Dirjen ILMATE Apresiasi Terobosan Karya Anak Bangsa
Listrik Indonesia | Hari ke-2 di pergelaran Pameran Kelistrikan dan IBEA 2018 (Kamis, 15/11), kedatangan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto, merasa terpukau saat mengunjungi stand melihat produk karya anak bangsa.
Dengan didampingi oleh beberapa stafnya, Dirjen Harjanto mengunjungi ke beberapa stand di gelaran IBEA 2018, pertama Harjanto berkunjung ke stand PT PAL. Di situ dirinya terpukau dengan mobile power plant yang dibuat oleh PT PAL, yang berfungsi untuk melistriki daerah kepulauan karena pembangkit listriknya diletakan di atas kapal.

Selepas itu, Harjanto langsung mengunjungi stand PT WIKA, melihat motor listrik Gesits yang fenomenal di dunia otomotif. Menurutnya, motor listrik adalah terobosan baru yang harus segera diimplementasikan untuk mengaspal. Hal ini demi mengurangi emisi karbon perkotaan dan efisiensi cadangan energi BBM.
Motor Listrik karya anak bangsa ini akan diluncurkan secara resmi di pasaran pada awal tahun 2019. Mesin bertenaga listrik dengan daya motor sebesar 5 KW atau setara 150 CC, untuk sekali isi ulang pengisian baterai selama 3 jam, pengguna bisa mengendarai motor ini sejauh 80-100 km.

Harjanto mengungkapkan, untuk kendaraan listrik seperti ini mengedepankan lokal konten, akan tetapi masih ada kendala pada teknologi baterai dimana part ini masih diimpor. Pemerintah juga tengah merancang baterai dengan menggunakan nikel, karena cadangan nikel yang berlimpah. Di sisi lain, juga membuka investasi untuk baterai motor listrik ini.

“Kita ada rencana penggunaan baterai dengan sistem tukar, jadi pengguna ketika kehabisan baterai di jalan tak perlu lama-lama mengecas. Pemerintah punya target di tahun 2025 penyerapan kendaraan listrik sebesar 25%,” ucapnya.

Lanjut, ia mengatakan, “Kendaraan listrik masih tergolong mahal, harus ada insentif fiskal. Saya berharap  motor listrik karya anak bangsa dapat dikembangkan baik dari sisi teknologi maupun penjualan,” tandasnya.

Sebagai tambahan Motor Listrik Gesits masih tahap prototype dan nantinya jika di produksi masal, harga dibanderol sekitar Rp 20 juta. (GC/fr)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top