Ignasius Jonan: Pembangkit Off Grid Harus Masuk Rasio Elektrifikasi

Author : Franki Dibuat : Mar 19, 2018

Ignasius Jonan: Pembangkit Off Grid Harus Masuk Rasio Elektrifikasi
Listrik Indonesia | Dalam penghitungan rasio elektrifikasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memasukkan pembangkit off grid maupun independent grid.

Menteri ESDM,  Ignasius Jonan mengatakan, Pemerintah memberikan keleluasaan kepada pemerintah daerah, terutama dalam rangka meningkatkan ketahanan listrik di wilayahnya, terutama bagi daerah yang belum berlistrik.

"Seperti wilayah di Papua bikin independent grid sendiri asal kepala daerah setuju. Kalau tidak disetujui,  maka akan lama untuk mencapai rasio elektrifikasi 100%," ucapnya.

Selain itu, Jonan meminta afar BPS dapat memasukkanpembangkit off grid maupun independent-grid dalam penghitungan rasio elektrifikasi, bukan hanya dihitung dari jaringan on grid dari PT PLN (Persero). Dirinya berharap dengan masuknya pembangkit-pembangkit off grid dapat mengakselerasi data rasio elektrifikasi nasional.

"Jadi ini yang diupayakan karena kalau nunggu jaringan terintegrasi dengan PLN rasio elektrifikasinya tidak secepat yang kita harapkan. Lalu, Rumusan rasio elektrifikasi harus di-adjust, karena data cenderung sama dengan layanan PLN untuk kelistrikan, "pungkasnya. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top