Inalum Diminta Percepat Bangun PLTA di Kaltara

Author : Franki Dibuat : Jun 7, 2018

Inalum Diminta Percepat Bangun PLTA di Kaltara
Listrik Indonesia | Pemerintah mengintruksikan PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum (Persero)  untuk mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 1.700 Megawatt (MW) yang berlokasi di Kalimantan Utara (Kaltara). Akan tetapi, Pemerintah belum mengeluarkan izin untuk pembangunan tersebut, untuk itu pihaknya harus menggu izin keluar dan langsung  dapat segera dikerjakan.

Menurut Direktur Utama PT Inalum, ‎Budi Gunadi Sadikin, pihaknya ditugaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk mempercepat pembangunan PLTA  di Kaltara. Diperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk membangun PLTA tersebut yakni sekitar lima tahun.

Selain membangun PLTA, Ia melanjutkan, PT Inalum juga berencana akan membangun smelter alumunium yang berkapasitas 500 ribu hingga 1 juta ton per tahun. Nantinya, pasokan listrik dari PLTA tersebut akan memasok smelter‎ dan konsumen listrik di wilayah sekitarnya.

Dikatakan olehnya, Menko Maritim menginginkan agar pembangunan tersebut secepat mungkin dapat dilaksanakan. Namun demikian, pembangunan kedua infrastruktur tersebut tergantung dengan perizinan dari Pemerintah.

Menurutnya, jika izin sudah dikeluarkan pemerintah, permbangunan dua infrastruktur ini  akan langsung berjalan dan diperkirakan dapat dimulai tahun depan.

Sementara itu, Menko Maritim, Luhut Pandjaitan mengatakan, saat ini PT Inalum mencari mitra untuk pembangunan dua infrastruktur tersebut yang berlokasi di Kaltara.

Akan tetapi, meski akan ada pembagian porsi dengan mitranya, PT Inalum akan tetap yang memimpin proyek tersebut. “Dia (Inalum) cari partner kira-kira investasi beberapa miliar dolar Amerika Serikat, lead-nya nanti oleh Inalum. Jadi, jangan bilang China melulu, China melulu,” kata Luhut di kantornya beberpaa waktu lalu.

Sebagai informasi, PT Inalum kini menjadi induk usaha (holding) BUMN tambang. Salah satu yang akan dilakukan adalah memaksimalkan sumber energi yang dimiliki perusahaan, yaitu PLTA Siguragura yang berlokasi Danau Toba, Sumatera Utara. PLTA ini kini menjadi jantung Inalum untuk memproduksi aluminium.  (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top