Ini Alasan Nicke Didapuk Plt Dirut Pertamina

Author : Franki Dibuat : Apr 20, 2018

Ini Alasan Nicke Didapuk Plt Dirut Pertamina
Nicke Widyawati. (Foto: Sapoetra Wibowo/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia | PT Pertamina (Persero) telah melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Jumat, (20/4). Hasil rapat memutuskan memberhentikan sejumlah direksi, termasuk Direktur Utama (Dirut), Elia Massa Manik yang digantikan oleh Nicke Widyawati sebagai Plt Dirut.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan dipilihnya Nicke sebagai PLT Dirut karena posisinya yang juga sebagai ketua implementasi holding migas. Posisinya dinilai yang paling cocok untuk menjadi PLT Dirut dalam penguatan Holding Migas.

"Jadi penyegaran ini dilakukan dalam rangka penguatan dari Holding Migas. Rencana Holding Migas ke depannya. Itu yang pertama. Itu salah satu arahan kenapa Plt-nya adalah Direktur SDM (Nicke), karena beliau adalah Ketua Tim Implementasi Holding Migas," kata Fajar di Kementerian BUMN, Jakarta (20/4/2018).

Dia menjelaskan, hal itu juga sesuai dengan usulan serta saran dari Komisaris Pertamina. Mereka melaporkan usulan ke Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kemudian yang kedua, itu ada usulan atau saran dari komisaris. Jadi komisaris itu sudah melakukan laporan kepada Menteri BUMN mengenai kajian komprehensif tentang SK Menteri BUMN 39/2018. Terutama direksi selama satu bulan melakukan kajian dan apa saja yang perlu dilakukan kemudian implementasinya seperti apa," ujar dia.

Dari sana, Nicke kemudian ditunjuk menjadi Plt Dirut Pertamina dalam RUPS yang digelar hari ini.

"Jadi kalau di anggaran dasar Pertamina, kalau tidak ada yang ditunjuk oleh RUPS, maka yang jabat Dirut adalah yang paling lama dalam jabatan. Tapi karena ini sudah ada yang ditunjuk dari RUPS, maka Plt-nya Bu Nicke," pungkasnya. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top