Ini Alasan Pertamina Hentikan Proyek LNG Bojanegara

Author : Franki Dibuat : Jul 10, 2018

Ini Alasan Pertamina Hentikan Proyek LNG Bojanegara
Listrik Indonesia | Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyatakan, Pertamina memutuskan untuk menghentikan proyek Terminal Penerimaan dan Regasifikasi LNG Bojonegara,yang berlokasi di Banten.

Menurutnya, proyek terminal penerimaan dan regasifikasi LNG ini dinilai belum feasible untuk dilanjutkan, alasannya yakni Perseroan  akan merugi apabila proyek dilanjutkan. Dikatakan olehnya, ketika itu pengguna gas mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Kita tidak lanjutkan karena belum feasible untuk dilanjutkan. Waktu itu memang gas turun sehingga tidak feasible,” jelas Nicke usai rapat dengan Komisi VII DPR-RI, (09/07).

Wakil Ketua Komisi VII DPRI-RI, Herman Khaeron saat dikonfirmasi terkait keputusan PT Pertamina yang menghentikan proyek terminal penerimaan dan regasifikasi LNG Bojanegara, ia membenarkan bahwa Pertamina memilih untuk menghentikan proyek tersebut.

Saat ditanya alasannya, ia mengatakan, jika terus dilakukan, maka Pertamina berpotensi akan mengalami kerugian besar.

Ia mengungkapkan, proyek tersebut dinilai sangat jauh dari espektasi dari sisis demand. Pasalnya, dalam rencana tertulis bahwa proyek tersebut dapat menyalurkan sekitar 500 million standard cubic feet per day (mmsfcd) gas.

Akan tetapi, pada kenyataannya, proyek tersebut hanya dapat mengalurkan gas sebesar 50 million british thermal unit (MMBTU) saja.

“Memang demand-nya tidak ada dari rencana yaitu sebesar  500 mmsfcd ternyata hanya 50 MMBTU, secara bisnis memang itu tidak layak, sehingga dihentikan,” unkapnya.

“Kami meminta pemerintah memberikan informasi lebih detail terkait neraca kebutuhan dan neraca permintaan. Serta neraca supply yang saat ini ada terkait gas di seluruh Indonesia. Karena jangan sampai pada sisi lain bisnis dinyatakan tidak layak,” tandasnya. (RG)

 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top