Ini Harga Batu Bara Untuk PLN yang Ditetapkan Pemerintah

Author : Franki Dibuat : Mar 9, 2018

Ini Harga Batu Bara Untuk PLN yang Ditetapkan Pemerintah
Listrik Indonesia | Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan Keputusan Menteri (Kepmen) terkait aturan harga batu bara untuk dalam negeri Domestic Market Obligation (DMO). Aturan tersebut tertuang dalam Kepmen ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018 tentang Harga Batu Bara untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, hal tersebut dilakukan agar PLN bisa terus menjalankan penugasannya untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga 2019.

Ia menambahkan, dengan kenaikan harga batu bara saat ini yang mencapai US$101 per metrik ton, tentunya membuat PT PLN (Persero) tidak mampu harus membendung tarif listrik hingga 2019, sebab lebih dari 50% batu bara menjadi bahan baku utama listrik.

Untuk itu, pemerintah telah menetapkan harga batu bara untuk kepentingan dalam negeri setelah melalui kesepakatan bersama para pengusaha batu bara untuk menurunkan Harga Batu bara Acuan (HBA) PLN menjadi US$ 70 per metrik ton.

“Sudah dibuat Kepmennya, yaitu Kepmen 1395 tahun 2018. Di mana pokok pentingnya adalah maka ditetapkan harga batu bara untuk kebutuhan dalam negeri. Untuk pembangkit ditetapkan US$ 70 per ton,” jelas Agung Pribadi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (09/03).

Dikatakan olehnya, harga batu bara US$70 per metrik ton ini akan berlaku saat harga batu bara tinggi. Akan tetapi, jika harga batu bara ada di bawah US$70 per metrik ton atau US$60 per metrik ton, maka akan diambil yang paling rendah.

Artinya akan mengikuti perubahan harga batu bara dunia. “Apabila kemudian HBA di bawah US$70, diambil yang rendah. Misalnya nanti HBA US$60, maka yang dipakai adalah USD60 untuk pembelian oleh PLN,” imbuhnya.

Sebagai informasi, harga batu bara fix ini ditetapkan setelah sebelumnya Pemerintah mengeluarkan dua aturan yakni PP 18 tahun 2018 tentang perubahan ke-5 PP 51 tahun 2014 dan Permen 19 tahun 2018 tentang perubahan kedua Permen ESDM nomor 7 tahun 2017.

Aturan terbaru yaitu Kepmen ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018 tentang Harga Batu Bara untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum, akan berlaku hingga Desember 2019 mendatang.

Artinya yaitu komitmen pemerintah (PLN) untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga 2019 akan dilakukan. Sebab saat ini telah diberlakukan harga batu bara untuk kepentingan umum yakni US$70 per metrik ton.  (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top