Ini Jurus Pertamina Hadapi Musim Lebaran 2017

Author : Franki Dibuat : Jun 10, 2017

Ini Jurus Pertamina Hadapi Musim Lebaran 2017
Listrik Indonesia | Menghadapi musim mudik Lebaran Idul Fitri 2017, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan langkah untuk mengantisipasi terkait tingginya harga bajaj bakar minyak (BBM) di jalur pantai utara (pantura), sebab  adanya spekulan yang akan memanfaatkan moment lebaran tersebut. 

Operation Head Terminal BBM Kota Tegal Pertamina  Muhammad mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi moment tersebut, salah satunya yakni menyiagakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kantong di jalur yang dianggap kritis, seperti jalur pantura maupun jalur tengah, Jawa Tengah.

"Kami juga melakukan build up stock atau pemenuhan stok sejak H-10 di setiap SPBU. Pertamina juga menyiagakan mobil tangki kantong. SPBU kantong adalah mobil tangki BBM yang siaga di SPBU jika sewaktu-waktu stok BBM habis, mobil tangki sudah siaga di SPBU tersebut. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan panjang di jalur mudik di jalur Pantura atau pun tengah," ungkapnya belum lama ini di Brebes, Jateng, seprei yang diberitakan Sabtu (10/06).

Pihaknya juga sudah mengantisipasi agar tidak terjadi antrean di SPBU yang mengular sehingga menyebabkan kemacetan. "Agar tidak terjadi antrean panjang di SPBU seperti musim mudik tahun lalu, kami siagakan tangki BBM depan SPBU," paparnya.

Nantinya, tangki BBM bersiap di SPBU secara bergantian. Teknisnya, sebelum satu mobil tangki BBM habis, mobil tangki BBM lain sudah siap di SPBU. "Jika terjadi kemacetan panjang, kata dia, otomatis tangki BBM juga akan sulit bergerak. Akibatnya, SPBU bisa mengalami kekosongan stok, dengan begitu, stok BBM di SPBU tidak akan kekurangan lagi dan tak dimanfaatkan oknum menjual bahan bakar eceran dengan harga yang fantastis," tandasnya. (RG)
 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top