Investor Semakin Berminat Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Author : Franki Dibuat : Jul 18, 2019

Investor Semakin Berminat Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Listrik Indonesia - Jakarta  |  Kalangan pabrikan dunia, semakin banyak yang berminat untuk berinvestasi kendaraan listrik di Indonesia. Setidaknya, saat ini ada dua perusahaan otomotif yang menyatakan tertarik untuk investasi kendaraan listrik di Indonesia.

Demikian dikatakan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dalam pembukaan GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten (18/7). Dikatakannya, sekarang ada dua pabrikan yang menyatakan minatnya investasi ke kendaraan listrik di Tanah Air, yakni Toyota dan Hyundai.

Menurutnya, nilai investasinya mencapai Rp50 triliun untuk  5 tahun. Itu belum termasuk komponen pendukung mobil listrik yang juga ada pernyataan minat investasi baru di sektor pendukung tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, Airlangga optimistis, untuk kurun waktu 5 tahun ke depan, ada sekitar Rp100 triliun investasi baru di sektor otomotif. 
Dukungan terhadap mobil listrik juga disampaikan  Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).  Menurutnya, pemerintah mendukung peuh pengembangan industri mobil listrik. Dukungan tersebut terutama dari sisi  regulasi, termasuk upaya mengembangkan   plat baja di dalam begeri.

Dukungan tersebut khususnya melalui rencana penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) yang masih dalam proses. Dalam Perpres itu akan diatur soal tingkat kandungan komponen dalam negeri dalam pengembangan kendaraan listrik, termasuk juga pemberian insentif untuk mendorong industri dalam negeri. (AB)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top