Jelang Sidang OPEC Harga Minyak Bergejolak

Author : Franki Dibuat : Jun 21, 2018

Jelang Sidang OPEC Harga Minyak Bergejolak
Listrik Indonesia | Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan melaksanakan pertemuan pada Jumat 22-23 Juni 2018 di Wina, Austria. Pada pertemuan tersebut akan membahas sejumlah masalah seperti harga dan produksi minyak.

Kenaikan harga minyak akhir-akhir ini disinyalir karena Amerika Serikat (AS) karena menerapkan sanksi baru terhadap dua anggota OPEC, yaitu Iran dan Venezuela. Dan adanya penurunan persediaan domestik. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, naik USD1,15 atau 1,8% menjadi menetap di USD66,22 per barel di New York Mercantile Exchange. WTI berjangka untuk pengiriman Agustus ditutup 81 sen lebih tinggi pada USD65,71 per barel.

Selain itu, Arab Saudi pemimpin OPEC dan didukung Rusia yang bukan anggota OPEC, mengusulkan untuk menaikkan produksi minyak secara bertahap. Namun, ada pertentangan dari negara OPEC lainnya seperti Iran, Irak, Venezuela, dan Aljazair.

Dikutip voaindonesia.com, Menteri Energi Rusia, Alexander Novak menginginkan OPEC dan produsen minyak non-OPEC menaikkan produksi sebanyak 1,5 juta barel per hari dan menaikkan harga minyak menjadi $75 per barel. Dengan meningkatkan jumlah produksi dengan tujuan menjaga pasokan minyak mentah global dan permintaan dalam keseimbangan seiring terjadinya penurunan produksi di negara lain. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top