Jelang Tahun Politik Tarif Listrik Tak Naik

Author : Franki Dibuat : Mar 7, 2018

Jelang Tahun Politik Tarif Listrik Tak Naik
Listrik Indonesia | Berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo, di 2018 dan menjelang tahun politik 2019, pemerintah tak akan menaikkan tarif listrik.
Kendati harga batu bara sedang naik, terlebih 50% sumber energi dari pembangkit listrik menggunakan batu bara, tampaknya hal tersebut tidak memengaruhi kenaikan tarif listrik. Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan di sela-sela kehadirannya pada acara diskusi energi di Energy Building SCBD, Jakarta, Selasa (6/3).

“Presiden Joko Widodo memerintahkan agar tarif listrik di tahun ini hingga 2019 agar tidak naik, ini juga telah disetujui oleh Komisi VII DPR RI. Alasannya, guna menjaga tarif listrik agar tetap terjangkau dengan mempertahankan daya beli masyarakat,” ujar Jonan.

Lanjutnya, terkait kenaikan harga batu bara, pemerintah sedang mencari jalan tengah bagi PT PLN (Persero) dan pengusaha batu bara. Akan ada pengaturan harga batu bara khusus untuk kelistrikan dan tidak menggunakan Harga Batubara Acuan (HBA), sehingga bisa mempertahankan tarif listrik hingga 2019, di mana tahun tersebut juga menjadi tahun politik, karena diselenggarakannya Pemilihan Presiden.

“Pemerintah terus berkomunikasi kepada kedua belah pihak, saya berharap akan jalan keluar yang terbaik dan tarif listrik tetap normal tak ada kenaikan,” harapnya. (GC)

Tags : News


1 Komentar

Berikan komentar anda

Top