Jepang Siap Support Teknologi PLTN

Author : Franki Dibuat : Apr 11, 2019

Jepang Siap Support Teknologi PLTN
Listrik Indonesia | Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, melalui Fumihiro Nakayama, Second Secretary Energy and Natural Resources, melakukan media visit ke kantor redaksi Listrik Indonesia, yang berlokasi di Grha MP, Jakarta, Kamis (11/4). Dalam kunjungannya, Nakayama disambut oleh tim Redaksi Listrik Indonesia, di antaranya Promotion Director Irwan Rachman dan Redaktur Pelaksana Deddy Hassan.

Dalam kunjungan kali ini, Nakayama, berkesempatan melakukan pemaparan mengenai Japan’s Energy Policy and Activities, seperti kebijakan dasar Negeri Sakura ini dalam mengembangkan energi. “Dalam kebijaka pengembangan enegi, kami selalu mengutamakan faktor keselamatan (safety). Setelah itu, self sufficiency (kemandirian), electric power cost (biaya tenaga listrik), dan CO2 Emmission (emisi CO2),” jelas Nakayama.

Nakayama menambahkan, untuk sisi kemandiran energi menyangkut keamanan energi (energy security). Sedangkan terkait biaya tenaga listrik perlu mempertimbangkan efisiensi ekonomi (economic efficiency). “Kami juga berupaya untuk mengurangi emisi CO2 dalam menghasilkan energi listrik dengan menjaga dengan membangun pembangkit listrik yang ramah lingkungan, seperti pembangkit listrik negara nuklir (PLTN),” kata dia.

Lanjut dia, PLTN merupakan salah satu solusi dalam menjawab ketersediaan dan kestabilan akan kebutuhan energi listrik. “PLTN dapat diimplementasikan dalam mengamankan pasokan listrik yang stabil, mengurangi biaya daya listrik,  dan menekan emisi CO2. Akan tetapi perlu standar regulasi yang mengutamakan keselamatan dalam menghadirkan PLTN,” tegas Nakayama.

Sebagai informasi, pertemuan dengan pihak Kedutaan Jepang dilakukan setelah Redaktur Pelaksana Listrik Indonesia diundang untuk visit ke lokasi pembangkit listrik bertenaga nuklir di Shimane, Jepang. Dalam pertemuan ini disepakati diskusi akan dilanjutkan untuk sosialisasi program-program kelistrikan Jepang, termasuk teknologi nuklir. (TS/Fr)

Tags : News
Terakhir disunting : Apr 11, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top