Jonan: Pertamina Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Author : Franki Dibuat : Jun 8, 2018

Jonan: Pertamina Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Listrik Indonesia | PT Pertamina (Persero) sebagai tuan rumah dalam pengelolaan sektor BBM dan migas nasional Pemerintah terus mendukung perusahaan milik negara ini sebagai tuan rumah.

Menteri ESDM, Iganasius Jonan menjelaskan, banyaknya jumlah Wilayah Kerja (WK) yang dikelola oleh Pertamina ini menjadi salah satu kompensasi dari penambahan alokasi Premium penugasan yang harus didistribusikan Pertamina. Diprediksi, pengelolaan 12 wilayah kerja oleh Pertamina ini akan meningkatkan kontribusi Pertamina dalam pengelolaan migas nasional. 12 WK terminasi di antaranya dari blok Offshore North West Jawa, blok Mahakam, blok Tengah, Attaka, East Kalimantan, North Sumatera Offshore, Sanga-sanga, Southeast Sumatera, Tuban, dan Ogan Komering. Terakhir, Blok Jambi Merang dan Raja/Pendopo.

“Tahun 2017 persentase produksi Pertamina terhadap total produksi di Indonesia adalah sebesar 23%, namun untuk saat ini telah bertambah menjadi sekitar 36 dan sekitar 39% pada 2019,” ucapnya.

Peningkatan peranan Pertamina terhadap produksi di sektor migas secara nasional sebesar 2 kali lipat ini, menjadikan tantangan bagi Pertamina agar terus menjaga jumlah produksi migasnya. Menurut Jonan, Pertamina harus lebih sering menggiatkan eksplorasi untuk menemukan cadangan baru.

“Kalau produksinya menurun, maka dampak produksi nasional bisa terganggu. Pertamina harus jadi tuan rumah di negeri sendiri, mengeksplorasi untuk menemukan cdangan baru,” pungkas Jonan. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top