Jurus Pertamina Menangkal Rugi

Author : Franki Dibuat : Apr 13, 2018

Jurus Pertamina Menangkal Rugi
Listrik Indonesia | Perluasan penugasan pengelolaan sejumlah blok migas, berpotensi menambah beban keuangan PT Pertamina (Persero).

Harga tren minyak dunia yang meningkat dan harga Premium ditetapkan tidak naik hingga 2019 di level Rp6.450 per liter. Juga revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, dalam hal ini Pertamina mendapat penambahan tugas penyaluran premium yang diperluas untuk Jawa, Madura dan Bali.

Menurut Menteri ESDM, Ignasius Jonan, adanya perluasan penugasan berpotensi menambah kerugian Pertamina bernilai hingga Rp10 triliun dalam satu tahun. Kendati begitu, pemerintah memberikan kompensasi pemberian hak pengelolaan blok migas di Blok Mahakam, Blok ONWJ dan beberapa blok terminasi.

Diproyeksikan, pendapatan pengelolaan seluruh blok bisa mencapai US$850 juta, dengan begitu hal ini dapat menangkal kerugian Pertamina.

Di samping itu, pihak Pertamina masih menghitung beban yang dikeluarkan untuk pengelolaan sejumlah blok migas dan perluasan penyaluran Premium. Kuota Premium untuk dikawasan tersebut mencapai 7,5 juta kilo liter, penyaluran tersebut pada kuartal I 2018 menurun sebesar 35% atau menjadi 1,32 juta kilo liter.

Seiring harga BBM cenderung meningkat karena mengikuti pergerakan harga minyak dunia, oleh karenanya pendistribusian Premium diperluas dan harga tetap hingga 2019. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top