Power Plant MEGA PROJECT
Trending

Kejar Target Rasio Elektrifikasi, ESDM Resmikan 10 Pembangkit

Sebanyak 10 proyek pembangkit listrik dengan total kapasitas sebesar 555 Megawatt (MW) diresmikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESD

Kejar Target Rasio Elektrifikasi, ESDM Resmikan 10 Pembangkit
Listrik Indonesia | Sebanyak 10 proyek pembangkit listrik dengan total kapasitas sebesar 555 Megawatt (MW) diresmikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan rasio elektrifikasi hingga 99% pada tahun ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam peresmian secara virtual, Kamis (16/7). Ia menegaskan, pihaknya terus beruapaya dan berkomitmen untuk menyediakan pasokan energi untuk negeri dengan mendorong badan usaha ikut serta dalam penyediaan pasokan listrik nasional. 

Adapun, total investasi 10 pembangkit itu mencapai Rp 15 triliun. Sepuluh proyek pembangkit yang diresmikan pada hari ini yakni, PLTP Muara Laboh kapasitas 80 MW, PLTGU Muara Karang kapasitas 300 MW, PLTMG Langgur kapasitas 20 MW, PLTMG Seram kapasitas 20 MW.

Selanjutnya, PLTM Ambon Peaker kapasitas 30 MW, PLTMG Biak kapasitas 15 MW; PLTMG Biak 2- NCB PT Indonesia Power kapasitas 10 MW), PLTMG Jayapura Peaker kapasitas 40 MW, PLTMG Merauke kapasitas 20 MW, dan PLTMG Merauke 2 - NCB 9 PT Indonesia Power kapasitas 20 MW.

“Pembangunan pembangkit juga dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 4.038 orang," ujar Arifin
Pada kesempatan yang sama, Arifin juga meresmikan Transmisi dan Gardu Induk milik PT PLN (Persero), pasokan listrik untuk industri smelter, program CSR Kelistrikan Sinar Mas Group, dan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 Volt Ampere (VA).

Baginya ketersediaan energi listrik yang cukup hingga ke pelosok daerah diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri. Selain itu, pasokan listrik yang cukup dapat mendukung kawasan ekonomi khusus, pariwisata, sentra perikanan, dan industri lainnya.

Hingga April 2020, rasio elektrifikasi nasional mencapai 98,93%. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi hingga akhir tahun ini mencapai 99,9%. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button