Kesiapan EV Charging Kunci Utama Pengguna Kendaraan Listrik

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Sep 9, 2019

Kesiapan EV Charging Kunci Utama Pengguna Kendaraan Listrik
Listrik Indonesia - Jakarta | Penyediaan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung kendaraan bermotor listrik (KBL) menjadi sebuah keharusan, pasalnya paska keluarnya Peraturan Presiden tentang program percepatan KBL hampir dipastikan pengguna mobil dan motor listrik ke depan akan semakin banyak.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, M.Ikhsan Asaad saat menjadi pemateri di Seminar Indonesia Electric Motor Show di Balai Kartini Jakarta mengungkapkan, PLN sejak dua tahun lalu sudah menginisiasi penggunaaan kendaraan listrik untuk mendukung program Langit Biru Jakarta. Saat ini PLN adalah salah satu penyedia normal charging terbanyak, hampir 1900 SPLU yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

“PLN siap mendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik dengan menyiapkan infrastruktur SPLU agar masyarakat mudah untuk melakukan pengisian kendaraan listriknya,” kata Ikhsan.

Sebagai motor utama untuk penyedian SPLU, PLN akan terus membangun SPLU dengan teknologi yang lebih baik, seperti fast charging station atau ultra fast charging station.

“Biaya untuk investasi SPLU itu cukup mahal. Untuk itu, PLN akan melakukan sinergi BUMN dengan Pertamina dan lain-lain dalam membangun EV Charging. Dalam waktu dekat ada delapan fast charging station, dua di antaranya adalah ultra fast charging. Sementara kami sediakan di area UID PLN Jakarta, WTC, dan Plaza Indonesia,” jelas Ikhsan Asaad.

Sementara itu, Managing Director Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki menyatakan, pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya menggunakan kendaraan bermotor listrik.

Dengan adanya kesiapan PLN untuk membangun infrastruktur SPLU diharapkan animo masyarakat untuk beralih menggunakan motor atau mobil listrik akan semakin tinggi.

“Kami yakin, lima tahun ke depan pengguna kendaraan bermotor listrik, terutama motor akan booming. Dengan makin banyaknya SPLU dibangun oleh PLN maka akan menepis keraguan masyarakat untuk memakai motor listrik, karena di mana pun akan melakukan pengisian listriknya sudah tersedia di mana pun,” kata Irwadhi di sela-sela Konvoi Kendaraan Listrik bersama BPPT Jakarta - Serpong, Sabtu (7/9).

Listrik Indonesia akan terus membantu mengedukasi masyarakat agar bersama-sama membantu pemerintah mengurangi penggunaan energi fosil dan beralih memakai kendaraan listrik.

“Kami berharap PLN  dan semua stakeholder terus melakukan sinergi dalam penyediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik. Agar masyarakat bisa beralih menggunakan motor listrik, pemerintah harus memberikan fasilitas kemudahan, sehingga harganya terjangkau,” pungkas Irwadhi Marzuki.(DH)

Tags : News
Terakhir disunting : Sep 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top