Konvergensi Teknologi Kelistrikan, PLN Gandeng GE

Author : Franki Dibuat : Jan 14, 2018

Konvergensi Teknologi Kelistrikan, PLN Gandeng GE
Listrik Indonesia | Bukan perkara mudah menerapkan sistem digitalisasi di Indonesia, butuh waktu dan sosialisasi yang berkelanjutan agar semua berjalan sesuai dengan rencana. Bagaimana kelanjutannya?

Peralihan dari sistem konvensional ke sistem digital efeknya mungkin akan terasa dalam beberapa tahun ke depan. Memang tidak mudah dalam menerapkan sistem digitalisasi di negara yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau ini.

Teknologi konvensional seakan telah menjadi teman yang cukup lama dengan para engineer. Seperti halnya teman lama, teknologi digital menjadi teman baru, untuk membaur dengan teman baru tentunya butuh waktu dan proses agar semua mengalir.

Begitu pula yang terjadi dengan sistem kelistrikan saat ini, Pemerintah dalam hal ini PT PLN (Persero) telah memiliki rencana untuk merubah haluan kearah digital. Disamping lebih efisien, keberadaan teknologi digital dapat menjadi pemicu pertumbuhan di sektor ketenagalistrikan, terlebih lagi pada Gardu Induk (GI) (substation) yang masih menggunakan sistem konvensional.

President Director Grid Solution Indonesia, GE Energy Connection, Roy Kosasih mengungkapkan, sebagai satu-satu perusahaan negara yang bergerak disektor kelistrikan, PLN telah melihat kearah digitalisasi.

"Dari sisi pendistribusian listrik, PLN sudah mengarah ke Smart Grid dan sudah ada interest mengarah ke sana. Jika hal tersebut dapat terwujud tentunya akan membuat satu network yang sangat efisien bagi PLN dan bisa mendapatkan biaya yang lebih murah dari sisi pendistribusian," terang Roy Kosasih kepada majalah Listrik Indonesia di kantornya kawasan Senayan Jakarta, pada akhir tahun.

Roy sapaan akrabnya melanjutkan, dengan teknologi berbasis digitalisasi yang diterapkan PLN dapat meningkatkan efisiensi dan mencegah gangguan listrik (break down), sebab hal ini dapat diprediksi sebelumnya.
 
Selain itu, saat ini PLN juga telah melakukan pengembangan sistem digitalisasi yang diterapkan pada pembangkit listrik. Pasalnya, hal tersebut telah dilakukan di sejumlah pembangkit milik anak perusahaan setrum negara.

Pihaknya bersama PLN sedang membangun teknologi digital di GI. Roy mengungkapkan melihat dengan teknologi digitalisasi pada GI banyak mendapatkan manfaat lebih. (GF/Fr)

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top