Konverter Kit LPG Untuk Nelayan

Author : Franki Dibuat : Feb 14, 2018

Konverter Kit LPG Untuk Nelayan
Listrik Indonesia | Jika selama ini nelayan melaut menggunakan BBM jenis Solar atau Premium untuk bahan bakar perahunya, Kementerian ESDM memberikan konverter kit LPG kepada nelayan, agar dapat menggunakan gas.

Selama 2017, sebanyak 17.081 unit konverter kit LPG untuk nelayan telah dibagikan di 28 Kabupaten/Kota. Di tahun 2018, pemerintah menugaskan PT Pertamina (Persero) mendistribusikan dan memasang 25.000 paket konverter kit untuk nelayan di 58 Kabupaten/Kota.

Menurut Wakil menteri ESDM, Arcandra Tahar, program ini bagian dari program Pemerintah yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat atau pro rakyat. Melalui pembagian gratis paket konverter kit LPG, program ini jadi andalan dalam meningkatkan ketahanan energi dan perekonomian nelayan kecil.

“Kini para nelayan bisa melaut dengan perahu berbahan bakar menggunakan gas atau LPG, nelayan bisa menghemat sekitar Rp 600.000 sampai 900.000 sebulan,” ungkap Arcandra.

Adapun paket konverter kit LPG untuk nelayan meliputi pipa penyalur, pengatur (regulator), pencampur (mixer/injector) dan alat pendukungnya, tabung LPG, LPG, as panjang, serta baling-baling beserta alat kelengkapannya. Dengan menggunakan kit konverter LPG  para nelayan bisa menekan biaya operasional melaut, diharapkan program bagi-bagi kit konverter LPG secara gratis bisa menyeluruh ke nelayan di daerah lainnya. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top