LED, Peluang Pasar Sekaligus Efisiensi Energi Nasional

Author : Franki SAK Dibuat : Aug 8, 2016

LED, Peluang Pasar Sekaligus Efisiensi Energi Nasional
Listrik Indonesia | Kesadaran masyarakat serta tren global terhadap pola hidup hemat energi menyebabkan permintaan lampu LED (light emitting diode) di Tanah Air kian marak. Peluang pasar ter­buka lebar, lalu bagaimana dengan kesempatan untuk membuka kran industrialisasi LED di dalam negeri?

Adanya proyek kelistrikan 35 GW merupakan gaung bagi setiap lini hilir pengguna kelistrikan untuk bersiap-siap menyerap peningkatan kebutuhan kelistrikan, terutama dalam hal penerangan rumah tangga. Pertumbuhan penduduk ditambah geliat infrastruktur pembangunan jalan raya, merupakan pasar yang menjanjikan bila peningkatan elektrifikasi berkorelasi terhadap meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan lampu secara nasional.

Peta pasar perlampuan menunjukkan bahwa saat ini lampu rendah emisi LED merupakan satu produk yang mengalami peningkatan permintaan signifikan setahun belakangan ini. Ketua Asosiasi Perlampuan Indonesia (Aperlindo), John Manopo meng­ungkapkan, bahwa pertumbuhan pengguna lampu LED meningkat signifikan dua kali lipat dalam kurun waktu setahun (2014—2015), dari 40 juta unit per tahun menjadi 80 juta unit per tahun.

Fenomena ini merupakan tren positif akan perubahan gaya hidup masyarakat yang mulai sadar terhadap penghematan energi. Lampu LED memiliki keunggulan komparatif dalam hal efisiensi energi serta bahan baku yang non merkuri, sehingga ramah terhadap lingkungan, dan angka efisiensi LED mencapai 80%—90%.

Selain itu, daya yang digunakan pun dua kali lebih rendah ketimbang lampu pijar konvensional. Tingginya nilai ekonomis ini sebenarnya tidak hanya menguntungkan bagi konsumen LED namun juga bagi produsen listrik selaku penyuplai energi. Karena, beralihnya masyarakat menggunakan LED merupakan alternatif yang secara tidak langsung menjadi penopang ketersediaan listrik dengan cara yang lebih bijaksana yaitu hemat energi.

Sehingga, demam penggunaan LED di Tanah Air tak sekadar peluang pasar namun juga satu upaya meningkatkan efisiensi energi secara nasional. Oleh sebab itu, kehadiran industri LED di Tanah Air merupakan potensi industri yang seharusnya dilirik sebagai penopang perekonomian. (FR/NA)

 

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top